(Beritadaerah – Pati) Pemerintah Kabupaten Pati melakukan penataan lapak para pedagang Pasar Puri Baru di Jalan Kolonel Sunandar, Pati, Jawa Tengah. Sebelumnya pasar yang setiap hari ramai dan berjubel, kini tampak lengang dan tertata.

Sejak pandemi melanda, pengelola Pasar Puri Baru melakukan penataan. Ratusan pedagang yang biasanya jualan di dalam pasar, lebih dari 1000 pedagang semuanya dikeluarkan dan diminta berjualan di jalanan area pasar.

Mereka jualan di jalan dengan menjaga jarak antara pedagang satu dengan lainnya. Mereka tak boleh keluar dari lapaknya, dibatasi oleh gambar kotak-kotak dari cat putih.

Mendengar kabar penataan Pasar Puri Baru, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disela kunjungan kerjanya memantau penanganan COVID-19 langsung bertolak ke Pati, Selasa (10/8). Dalam kunjungannya Gubernur Ganjar melihat suasana dari Pasar Puri Baru, Kabupaten Pati tak seperti biasanya.

Dalam kunjungan ini, Gubernur Ganjar terlibat obrolan gayeng dengan para pedagang di pasar itu. Tak hanya ngobrol, Ganjar juga memborong sejumlah dagangan yang dijajakan. Terlihat ia membeli jahe, pisang, dawet, tape, siwalan dan lain sebagainya. Tentu saja, hal itu membuat para pedagang sumringah.

Pada Gubernur Ganjar, para pedagang mengakui jika selama pandemi pendapatan mereka menurun. Apalagi setelah pasar ditata, hasil penjualan tak seperti biasanya. Salah satu pedagang di Pasar Puri Baru, Hana mengatakan, sejak pandemi pasar tempatnya berjualan ditata. Pedagang dikeluarkan ke jalanan agar tidak terjadi kerumunan. Pendapatan saat ini menurun, tapi tidak apa-apa yang penting sehat.

Gubernur Ganjar mengapresiasi upaya penataan pasar di Pati itu. Menurutnya, hal itu penting agar pedagang di pasar bisa berjarak dan tidak berkerumun.

Kedepan, Gubernur Ganjar berharap upaya ini dapat dilakukan di daerah lain di Jateng dengan melibatkan mahasiswa, kelompok masyarakat dan lainnya.

Selain mengunjungi pasar, Gubernur Ganjar juga mendatangi pengusaha UKM roti yang ada di Pati. Pengusaha ini juga mengalami dampak dari pandemi. UKM roti milik Tri ini pernah mendapat Juara I Tingkat Provinsi Kreasi Roti pada 2017 lalu. Selain itu, juga berhasil menyabet Juara III Tingkat Nasional, dengan produk unggulan roti gulung kejunya.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Ganjar juga sempat ngevlog dan mempromosikan dagangan Tri. Ia meminta masyarakat membeli roti yang terkenal dan juga juara tingkat provinsi serta nasional ini.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.