(Beritadaerah – Surabaya) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan memberikan vaksinasi dosis ketiga kepada para tenaga kesehatan (nakes) di Jawa Timur (Jatim), hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau vaksinasi di Makodam V/Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur, Senin (9/8).

“Untuk vaksin dosis tiga khusus SDM kesehatan. Vaksin moderna dan dilakukan di masing-masing RS di Jawa Timur,” kata Khofifah yang dikutip laman Kominfo Jatim, Senin (9/8).

Dijelaskan oleh Khofifah, berbeda dengan Sinovac dan Astra Zeneca, vaksin Moderna butuh perlakuan khusus. Jadi vaksin Moderna ini berada di RS karena harus disimpan pada suhu -30 derajat celcius. Sejak minggu lalu, telak dilaksanakan pemberian dosis ketiga untuk nakes, misal RSU dr Saiful Anwar (Malang) hanya 25 nakes, hari Selasa 300 nakes. RSU dr Soetomo juga diambil 25 nakes. Bahkan, Senin sudah 50 nakes. Maasing-masing RSU memiliki mekanisme sendiri.

Untuk total jumlah vaksinasi dosis ketiga, Gubernur Khofifah mengaku belum bisa menyebutkan angka secara pasti, karena dosis tiga ini datanya bertambah terus setiap harinya dan masing-masing RS yang tahu berapa jumlah pastinya sampai hari ini.

Kodam V/Brawijaya menyiapkan serbuan vaksinasi massal untuk tahap kedua di Makodam V/Brawijaya pada hari Senin tanggal 9 Agustus 2021. Total target 20 ribu dosis kedua vaksin Sinovac disiapkan untuk warga Surabaya dan sekitarnya.

Terkait dengan kegiatan vaksinasi massal di Makodam V/Brawijaya hari ini, sebelumnya telah dilakukan persiapan dengan melakukan rapat koordinasi virtual yang dipimpin oleh Kepala Staf Kodam V/Brawijaya, Brigjen TNI Agus Setiawan didampingi Danrem Tipe A 084/Bhaskara Jaya, Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo.

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di tiga tempat. Pertama di Lapangan Hitam Brawijaya dengan target 10 ribu dosis. Kedua di Balai Prajurit 2.500 dosis. Ketiga di Stadion Brawijaya 7.500 dosis. Ketiga lokasi berada di wilayah Makodam V/Brawijaya.

Untuk 20 ribu vaksin yang disiapkan, dari Kodam, Dinkes Kota Surabaya, Dinkes Jatim dan dari Kodim di Surabaya. Jumlah vaksinator yang disiapkan sebanyak 320 petugas dengan jumlah 45 tim. Dari Dinkes Surabaya 10 tim, Dinkes Jatim 5 tim, Kesdam 25 tim, dan Polda Jatim 5 tim.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.