(Beritadaerah – Jakarta) Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, hari ini, Jum’at (6/8) meresmikan Rumah Sakit (RS) Modular Pertamina di Tanjung Duren, Jakarta Barat atas inisiasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Kepala Negara mengucapkan rasa terima kasih kepada BUMN yang telah menyiapkan rumah sakit modular dengan kapasitas yang lengkap, salah satunya dengan menyiapkan ICU khusus bagi anak dan bayi serta ibu-ibu sebagai bentuk pelayanan kesehatan terbaik.

“Saya sangat mengapresiasi sekali lagi, semoga ini bisa bermanfaat bagi rakyat dan masyarakat,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Entitas anak PT WIJAYA KARYA (Persero) Tbk. [WIKA] yakni PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) berhasil menyelesaikan pembangunan RS modular darurat Covid 19 milik PT Pertamina iIna Medika (Pertamedika) tersebut kurang dari 1 bulan sejak pembangunannya dimulai pada 9 Juli 2021 lalu.

Dengan luas bangunan mencapai 11.300 meter persegi, rumah sakit tersebut memiliki kapasitas 305 tempat tidur, yang terdiri atas tempat tidur isolasi, tempat tidur High Care Unit (HCU), dan Intensive Care Unit (ICU).

Anak perusahaan WIKA ini, sebelumnya telah menggarap 4 rumah sakit modular selama pandemi, antara lain: RS Khusus Infeksi Pulau Galang, RS Pertamedika Modular Cempaka Putih, RSPP Extension Simprug, dan RS Covid 19 Lamongan.

Selain itu, WEGE juga telah menggarap 5 proyek renovasi (alih fungsi) RS, yaitu: RSCM Kiara Jakarta, RS Antam Medika Jakarta, RS Pertamina Jaya Jakarta, dan RSPTI Unair Surabaya. Bahkan, belum lama ini, bagian dari WIKA Grup ini juga telah menyelesaikan renovasi Asrama Haji Pondok Gede Jakarta menjadi RS Darurat Covid 19.

Agustinus Purba/Journalist/BD
Editor : Agustinus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.