(Beritadaerah – Nasional) Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada hari Jumat (6/8/2021). meresmikan pembangunan Rumah Sakit (RS) Modular Pertamina yang telah selesai di Tanjung Duren, DKI Jakarta.

Presiden Joko Widodo tiba di lokasi pada pukul 09.00 WIB, lalu mengecek setiap sudut RS Modular Tanjung Duren. Dengan seksama kepala negara melihat fasilitas-fasilitas pendukung yang tersedia pada pelayanan kesehatan tersebut.

“Hari ini saya melihat rumah sakit modular Pertamina di Tanjung duren Jakarta bersama dengan Menteri BUMN dan Dirut Pertamina,” kata Presiden Joko Widodo melaluis siaran virtual yang ditayangkan Sekretariat Presiden (Setpres).

Dalam kesempatan kunjungan peresmian ini, Presiden menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah ikut membangun RS Modular Pertamina di Tanjung Duren. Pembangunan RS Modular ini merupakan upaya antisipasi terhadap peningkatan kasus aktif COVID-19 di ibukota.

“Kita harus tetap waspada dan hati-hati terus.  Saya sangat berterima kasih kepada menteri terkait dan PT Pertamina yang telah menyiapkan rumah sakit Pertamina ini,” imbuhnya.

RS Modular ini memiliki kapasitas sebanyak 305 tempat tidur, yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang lengkap dari mulai HCU dan ICU bagi penderita COVID-19. Fasilitas pendukung itu, juga disediakan khusus bagi anak, bayi dan ibu.

“Lebih bagus lagi ada juga khusus untuk anak, bayi dan ibu sehingga bisa memberikan pelayanan kesehatan bagi mereka,” tutur Presiden.

Presiden Jokowi berharap, fasilitas ini dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap upaya pemerintah dalam menangani pandemi. Sehingga, dapat membuat pengendalian wabah global COVID-19 di ibukota dapat dilakukan beberapa waktu ke depan.

RS Modular Tanjung Duren ini dilengkapi dengan instalasi hemodialisis untuk terapi cuci darah bagi pasien COVID-19 yang membutuhkan cuci darah, serta ruang bersalin bagi ibu hamil positif COVID-19.

Selanjutnya, RS Modular Tanjung Duren sendiri akan dilengkapi teknologi negative pressure dan filter HEPA sehingga udara yang dilepaskan ke luar rumah sakit tetap aman untuk masyarakat di lingkungan lokasi rumah sakit.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: BPMI

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.