(Beritadaerah – Ciamis) Sejumlah Kelompok Tani di Kabupaten Ciamis menerima bantuan 13 mesin alat pertanian dari Pemerintah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Penyerahan bantuan tersebut dilakukan oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra di Aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Ciamis, Selasa (3/8).

Dalam penyerahan tersebut, Wakil Bupati Yana D. Putra mengapresiasi seluruh petani di Kabupaten Ciamis mengingat keberadaan petani secara umum mampu menahan hantaman pandemi COVID-19 di Kabupaten Ciamis. Hantaman pandemi COVID-19 terhadap perekonomian dapat ditahan salah satunya oleh petani.

“Kita adalah kabupaten agraris, dimana jika dibandingkan dengan daerah lain, kuat terhadap goncangan ekonomi akibat pandemi COVID-19,” kata Yana yang dikutip laman Jabarprov, Rabu (4/8).

Yana menjelaskan kondisi saat ini terjadi inflasi di Kabupaten Ciamis, tapi tidak terlalu berdampak sekali bagi kita sebagai kabupaten agraris. Jika dilihat dari dampak yang terjadi pada daerah lain yang non agraris. Untuk itu tugas pemerintah untuk memperhatikan para petani dan momentum ini merupakan salah satu bentuk perhatian nyata kami pada petani dengan pembagian 13 mesin alat pertanian seperti traktor, kultivator, mesin pompa air.

Dengan diberikan bantuan alat ini, Wakil Bupati Yana berharap para kelompok tani dapat memanfaatkan alat tersebut dengan optimal guna meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Ciamis.

Dalam kondisi pandemi COVID-19, Wakil Bupati Yani mengajak para kelompok tani untuk mengedukasikan dan mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat Tatar Galuh.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Slamet Budi Wibowo mengatakan penyerahan mesin alat pertanian seperti traktor roda 2, kultivator, dan pompa air ini merupakan langkah pemerintah lewat Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Ciamis. Selain itu juga diberikan bantuan berupa bibit dan pupuk kepada sejumlah kelompok tani yang tersebar di Kabupaten Ciamis.

Dalam upaya menghindari kerumunan pada saat pembagian mesin, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan hanya mendatangkan 1 orang perwakilan dari tiap kelompok dan menerapkan prokes seperti memakai masker dan menjaga jarak guna mendukung pengentasan pandemi COVID-19.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

Leave a Reply

Your email address will not be published.