(Beritadaerah – Jakarta) Pemerintah Kabupaten Kudus menyalurkan ribuan karung beras bantuan PPKM kepada 25 desa/kelurahan di Kecamatan Kota. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kudus HM Hartopo di aula kecamatan setempat, Senin (2/8).

Bupati menyampaikan, beras diberikan kepada penerima bantuan sosial tunai (BST) dan penerima program keluarga harapan (PKH).

“Sebanyak 3.474 karung beras diberikan kepada 2.182 (keluarga) penerima bantuan sosial tunai (BST) dan 1.292 (keluarga) penerima program keluarga harapan (PKH), yang masing-masing mendapatkan beras bantuan PPKM sebanyak 10 kilogram,” terangnya.

Hartopo menegaskan, bantuan yang diberikan harus tepat sasaran bagi penerimanya.

“Bantuan BST dan PKH ini harus tepat sasaran, harus benar-benar orang yang membutuhkan agar bermanfaat. Jangan sampai yang mendapat bantuan orang yang sudah berkecukupan,” tegasnya.

Selain itu, Hartopo juga meminta evaluasi rutin setiap bulannya mengenai data penerima bantuan di setiap desa.

“Perlunya evaluasi dari desa mengenai data penerima bantuan agar rutin dilakukan, untuk dikirim ke Dinsos yang akan diteruskan ke Kemensos sebagai laporan,” jelasnya.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Kudus Mundir menyebutkan, jatah penerima bantuan beras PPKM se-Kabupaten Kudus mencapai 37.111 penerima.

“Dengan rincian penerima PKH sebanyak 21.428 (keluarga), sedangkan penerima BST sebanyak 15.683 (keluarga),” jelasnya.

Agustinus Purba/Journalist/BD
Editor : Agustinus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.