(Beritadaerah – Jembrana) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong program vaksinasi bagi masyarakat nelayan di setiap daerah, hal ini dilakukan untuk melindungi diri dari penyakit COVID-19. Dalam kunjungannya ke Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan di Jembrana, Bali, Jumat (30/7), Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengimbau masyarakat nelayan untuk program vaksinasi. Pihak pelabuhan menggelar vaksinasi untuk masyarakat nelayan sekitar beserta keluarganya. Imbauan vaksin ini bukan hanya untuk nelayan Jembrana, tapi di seluruh Indonesia.

Ada sekitar 500 orang yang menjalani vaksin hari ini di PPN Pengambengan. Disamping vaksin, pihak pelabuhan juga membagikan paket sembako kepada masyarakat nelayan sebagai bentuk dukungan di masa pandemi COVID-19.

“Vaksin ya bapak dan ibu, biar sehat. Nanti yang kedua jangan dilewatkan. Saya juga sudah vaksin, dua kali,” kata Menteri Trenggono yang dikutip laman KKP, Sabtu (31/7).

Menteri Trenggono meminta masyarakat nelayan untuk tetao mengenakan masker, khususnya saat berkegiatan di luar rumah. Ini dia sampaikan karena melihat masih banyak nelayan yang tidak mengenakan masker beraktivitas di sekitar pelabuhan.

Dalam kunjungan ini Menteri Trenggono memastikan segera melakukan perbaikan fasilitas agar pelabuhan tersebut menjadi lebih modern dan maju. Pembangunan infrastruktur dan penambahan fasilitas akan dimulai pada 2022.

Menurut Menteri Trenggono penataan dan perbaikan pelabuhan PPN Pengambengan, Jembrana sangat penting bagi peningkatan perekonomian masyarakat. Sektor ini terbukti masih bertahan di masa pandemi COVID-19 saat ini diluar sektor pariwisata di Bali. Karena itu KKP terus mendorong peningkatan pengelolaan dari pelabuhan ini.

Menteri Trenggono juga berdialog dengan nelayan dan pedagang ikan yang sehari-hari beraktivitas. Dia juga melihat langsung produk-produk perikanan, salah satunya ikan kaleng yang dihasilkan oleh unit pengolahan ikan di area pelabuhan.

Sementara itu Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang turut serta mendampingi Menteri Trenggono menambahkan, program vaksinasi di wilayahnya sudah menyasar 87 persen masyarakat. Penuntasannya akan segera dikebut.

Kabupaten Jembrana memiliki potensi perikanan yang potensial dan dapat dikembangkan sebagai Pusat Pengembangan Riset dan Teknologi Perikanan, serta lainnya. Jumlah nelayan di Pengambengan berjumlah 4900 dan rata-rata ikan yang ditangkap mencapai 200 ton per hari.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.