(Beritadaerah – Getasan) Pemerintah Kabupaten Semarang mulai menyalurkan bantuan beras PPKM 2021 kepada 105.058 keluarga penerima manfaat (KPM) di 19 kecamatan. Penyaluran ditandai dengan penyerahan beras secara simbolis oleh Bupati Semarang Ngesti Nugraha kepada perwakilan warga di Balai Desa Polobogo, Getasan, Kamis (29/7/2021) pagi.

Bupati mengatakan, bantuan diberikan oleh pemerintah guna membantu para KPM memenuhi kebutuhan pokok saat pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Diharapkan, bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Ini wujud perhatian pemerintah kepada warga terdampak PPKM untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari,” katanya.

Pada kesempatan itu, bupati mengajak warga untuk terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat di masa pandemi. Sehingga penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Semarang dapat ditekan.

Wakil Pimpinan Bulog Jawa Tengah Muhson menjelaskan, total bantuan beras yang akan disalurkan sebanyak 1.347 ton.

“Penyaluran tahap pertama sebanyak 1.050 ton akan dimulai hari ini. Sedangkan 300 ton sisanya akan dilakukan pada awal Agustus mendatang,” terangnya.

Ditambahkan, selain KPM yang telah terdaftar sebelumnya, ada tambahan sekitar 28 ribu KPM baru di Kabupaten Semarang.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Semarang drg Gunadi menyampaikan, penyaluran beras bagi KPM program keluarga harapan (PKH) dan bantuan sosial tunai (BST) berasal dari cadangan beras pemerintah pada 2021. Perincian penerima, yakni 34.135 KPM PKH dan 70.923 KPM BST, serta penerima tambahan.

“Bantuan beras diberikan 10 kilogram per KPM dengan titik dropping di balai desa atau kelurahan setempat. Penyerahan bantuan tetap menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Usai penyerahan simbolis di balai desa, bupati didampingi para pejabat menyerahkan secara langsung ke salah satu penerima di rumahnya.

Agustinus Purba/Journalist/BD
Editor : Agustinus

Leave a Reply

Your email address will not be published.