(Beritadaerah – Surabaya) Saat meninjau vaksinasi di lapangan Thor, Gelora Pancasila Surabaya, Jawa Timur, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan bahwa capaian vaksinasi COVID-19 di Jawa Timur pada hari Rabu (28/7), sebesar 23,49% untuk dosis pertama, dan sebesar 9,52% untuk dosis kedua. Gubernur Khofifah menargetkan vaksinasi di Jatim tercapai 70% hingga 17 Agustus 2021.

“Jadi penggunaan dosis (pertama) sudah mencapai lebih dari 23 persen, kemudian dosis kedua sudah hampir 3 juta,” kata Gubernur Khofifah yang dikutip laman Kominfo Jatim, Kamis (29/7).

Khofifah berharap, dapat tercapai target pembentukan herd immunity pada 17 Agustus 2021 nanti. Mengingat sinergitas dan gotong royong seluruh Forkopimda Jatim, serta semangat masyarakat untuk vaksin. Dengan sinergitas yang luar biasa masyarakat se Jawa Timur yang sudah bergerak, diikuti vaksinasi secara masif, maka kesehatan masyarakat dapat terjaga.

Khofifah menegaskan, saat ini hulunya atau pencegahannya harus dimaksimalkan, yakni penerapan protokol kesehatan, diantaranya memakai masker dan cuci tangan.

Sementara itu, Pangkoarmada II, Laksamana Muda Iwan Isnurwanto menuturkan, serbuan vaksinasi di lapangan Thor ini, dilaksanakan selama dua hari, sejak tanggal 29 – 30 Juli 2021 dengan target 25 ribu sasaran. Sehingga perhari diharapkan ada 12.500 orang yang dapat melaksanakan vaksinasi. Keberhasilan vaksinasi ini, merupakan kerja sama dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota Surabaya, khususnya para tenaga kesehatan (nakes).

Jumlah nakes yang dilibatkan pada serbuan vaksinasi ini, sebanyak 406 orang. 300 orang diantaranya dari Pemerintah Kota Surabaya. Dan 106 nakes lainnya, gabungan diantaranya dari Koarmada II, Kodiklatal, dan Lantamal V.

Sementara itu, salah satu warga Surabaya atas nama Dian, mengaku melakukan vaksinasi ini bukan hanya sekedar untuk kesehatan, tetapi juga untuk mempermudah mengurus administrasi lainnya. Saat ini pengurusan adminstrasi lain dan perjalanan keluar kota memerlukan tanda bukti telah dilakukan vaksinasi.

Total sasaran vaksinasi di Jatim, sebanyak 31.826.206 orang. Mereka terdiri dari Sumber Daya Masyarakat (SDM) Kesehatan, petugas publik, lanjut usia (lansia), masyarakat rentan dan masyarakat umum, serta remaja.

Saat ini Pemprov Jatim mengajak elemen-elemen masyarakat dapat bersinergi dalam mempercepat proses vaksinasi di Jawa Timur. Pemprov Jatim juga sudah melakukan kerja sama dengan Unair, ITS, dan Unesa di Surabaya, di Malang dengan Universitas Brawijaya, Unisma, dan Universitas Muhammadiyah Malang.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

Leave a Reply

Your email address will not be published.