(Beritadaerah – Bandung) PT Cikarang Listrindo memberikan bantuan untuk penanganan COVID-19 berupa enam ventilator dan 3.000 Alat Pelindung Diri (APD) Hazmat kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Bantuan diterima Gubernur Jabar Ridwan Kamil secara simbolis via konferensi video dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (14/7). Nantinya, bantuan tersebut akan disalurkan ke rumah sakit rujukan COVID-19 di Jawa Barat (Jabar).

Kami mengucapkan terima kasih kepada PT Cikarang Listrindo atas bantuan tersebut, bantuan berupa alat kesehatan dan APD sangat penting untuk penanganan pasien COVID-19 di rumah sakit, demikian yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan  masyarakat yang nyawanya diselamatkan oleh niat baik bapak, saya ucapkan terima kasih,” kata Gubernur Jabar yang dikutip laman Jabarprov, Kamis (15/7).

Dijelaskan oleh Gubernur Ridwan bahwa kondisi sekarang memang sudah sangat darurat. Keterisian rumah sakit rata-rata di Jawa dan Bali itu sudah di atas 90 persen. Saat ini Jabar sudah berhasil menurunkan 4 persen salah satunya dengan hadirnya alat-alat yang tadi bapak sampaikan.

Menurut Gubernur Jabar, Pemprov terus berupaya memenuhi kebutuhan oksigen, baik rumah sakit maupun pasien COVID-19 yang isolasi mandiri. Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak untuk turun tangan menangani pandemi COVID-19. Salah satunya dengan menyalurkan bantuan berupa alat kesehatan untuk penanganan pasien COVID-19.

Dengan kolaborasi yang baik, jumlah kasus aktif COVID-19 diharapkan bisa segera menurun, sehingga situasi kedaruratan seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dapat berakhir.

Sementara itu terkait dengan kebutuhan oksigen pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah, Gubernur Jabar bahwa Pemprov Jabar berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan oksigen pasien. Ada dua tahap yang akan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tabung oksigen di Jawa Barat, tahap pertama adalah dengan menyelesaikan suplai oksigen ke rumah sakit dan puskesmas. Pasokan oksigen ini nantinya akan diatur oleh posko tabung oksigen yang ada di kabupaten/kota setelah mendapatkan suplai dari Pemprov Jawa Barat.

Ridwan Kamil meminta kepada Pemkab/Pemkot untuk mendirikan posko tabung oksigen, yang tujuannya untuk mengatur pinjam pakai dan pendistribusian tabung oksigen. Sedangkan kepada masyarakat, Gubernur Jabar meminta kepada masyarakat untuk saling meminjamkan tabung oksigen kepada yang lainnya.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.