(Beritadaerah – Semarang) Guna mendukung rumah sakit agar di Jawa Tengah (Jateng) dapat memberikan pelayanan optimal ke masyarakat saat pandemi COVID-19, PT PLN (Persero) menyerahkan bantuan senilai Rp 1,69 miliar ke RSUP Dr Kariadi dan sejumlah rumah sakit. Bantuan tersebut berupa 5 uninterruptible power supply (UPS) server 10 kVA untuk memperkuat keandalan listrik RS dan 8 AC standing portable 5 PK, serta 5 unit oksigen portable untuk RSUP Dr Kariadi.

PLN juga menyalurkan bantuan berupa 5 oksigen portable, 3 unit ventilator mobile, dan 72 ton oksigen lorry tank kepada sejumlah rumah sakit di Jawa Tengah. Pemberian bantuan ini disesuaikan dengan kebutuhan di RSUP Dr Kariadi dan rumah sakit lain di Jateng.

Bantuan ini diserahkan Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dan Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura, dan Bali, Haryanto W.S kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diwakili oleh Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko di RSUP Dr Kariadi, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (13/7). Acara ini turut disaksikan Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini secara daring.

“Kami berharap bantuan ini bisa mendukung upaya Pemerintah Provinsi Jateng dalam mengatasi pandemi,  membantu rumah sakit dalam melayani masyarakat,” kata Zulkifli yang dikutip laman BUMN, Rabu (14/7).

Situasi pandemi terkini rumah sakit menghadapi kondisi yang sangat menantang. Terlebih pasien terus berdatangan. Saat ini kebutuhan oksigen merupakan salah satu yang paling mendesak. Untuk itu, PLN berencana menyalurkan 72 ton oksigen secara bertahap ke sejumlah rumah sakit di Jateng.

Dijelaskan oleh Zulkifli, tak hanya memberikan bantuan, PLN juga menyampaikan komitmennya untuk menyediakan pasokan listrik yang andal bagi seluruh pelanggan, khususnya rumah sakit dan industri oksigen.

Diketahui, Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo dan Direktur Bisnis Regional Jawa Madura dan Bali PLN, Haryanto W. S. turun langsung ke lapangan, berkoordinasi dengan pihak-pihak yang membutuhkan bantuan, khususnya di Jawa Tengah ini.

Saat ini PLN menyiagakan 3.940 personel untuk menjaga keandalan pasokan listrik di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Selain ribuan personel yang disiagakan, operasional petugas juga didukung oleh 377 kendaraan roda empat, 35 mobil PDKB, 4 unit UPS, 119 unit trafo mobile, serta 116 genset.

Dari segi pasokan, PLN memastikan listrik di Jawa Tengah dan Yogyakarta dalam kondisi aman. Saat ini, kelistrikan di dua provinsi tersebut memiliki daya mampu mencapai 6.465 megawatt (MW) dengan beban puncak sekitar 4 533 MW, artinya masih terdapat cadangan daya sekitar 1.933 MW.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.