(Beritadaerah – Sumatera Barat) Keindahan alam bumi Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Negeri yang dijuluki zamrud khatulistiwa memiliki banyak tempat wisata alam unggulan dan telah menjadi destinasi liburan bagi wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara. Salah satu provinsi yang kaya akan wisata alam dan wajib untuk dikunjungi bersama keluarga bila kita ke pulau Sumatera yakni Provinsi Sumatera barat.

Berikut ini 5 wisata alam dan budaya di Sumatera Barat yang dapat dikunjungi yaitu :
1. Lubuak Rantiang
Terletak di daerah Sungai Bangek, Lubuak Rantiang merupakan wisata alam Sumatera Barat yang menjadi “harta karun” di dalam hutan. Uniknya, disebut lubuak karena air terjunnya memiliki kolam di aliran sungainya.

Meskipun hanya setinggi 6 meter, namun air terjun yang dikenal dengan Lubuak Ngalauan, atau Sarasah Lubuak Rantiang ini menyuguhkan panorama indah. Belum lagi dilengkapi dengan air berwarna kehijauan bening yang sangat menyegarkan untuk berenang. Jika tertarik, Lubuak Rantiang bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang tepat untuk menenangkan diri di Sumatera Barat.

2. Air Terjun Nyarai
Wisata alam yang masih alami di Sumatera Barat selanjutnya adalah Air Terjun Nyarai.
Berlokasi sekitar 20 km dari kota Padang, tepatnya di Hutan Gamaran, Kecamatan lubuk Alung, Kabupaten Pariaman, dan cukup sulit dijangkau. Karena kita harus menembus hutan terlebih dahulu. Namun, setelah itu keindahan air terjun setinggi 8 meter akan menghapus rasa lelah kita.

Air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan bebatuan yang sangat besar dengan air yang turun dari Air Terjun Nyarai ini seperti dibendung oleh dua batu besar dan masuk ke dalam kolam dengan air jernih berwarna hijau, sangat indah dipandang mata.

3. Pulau Pasumpahan
Berlokasi di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai. Pulau Pasumpahan memiliki keindahan laut dengan hamparan pasir putih yang bersih, terumbu karang cantik yang masih terjaga, hingga arus air yang tenang menjadi alasan Pulau Pasumpahan dijuluki Maldives-nya Sumatera Barat.

4. Danau Kembar
Danau Kembar adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Solok, Sumatera Barat dan merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Lembang Jaya. Berlokasi di dataran tinggi sebelah timur Padang, Danau Kembar memiliki pemandangan indah berlatar belakang pengunungan yang dibalut kabut, udara yang sejuk, hingga 14-16 derajat celcius. Aktivitas para petani sayuran menjadi pemandangan yang sangat mengasyikan tersendiri disini.

5. Pemandian Alam Sako Tapan
Berlokasi di Kampung Muaro Sako Kenagarian Sungai Gambir Sako Tapan dengan jarak sekitar 20 km dari Pasar Tapan ke arah Sungai Penuh / Kerinci (kearah timur).
Selain terdiri dari bebatuan dan pemandangan alam yang indah, kebersihan Pemandian Alam Sako Tapan masih sangat terjaga. Ditemani suara kicau burung dan gemercik air yang merdu, wisatawan dapat mandi di sungai yang masih alami dengan batu-batu besar dan air yang jernih bebas dari polusi dan sampah.

Jimmy A/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

 

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.