(Beritadaerah – Semarang) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah memberikan perhatian khususnya bagi aktivitas perekonomian agar dapat berjalan dengan baik selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM Darurat).

Salah satu langkah yang dilakukan mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat yang masih memiliki gaji tetap, untuk banyak jajan atau belanja di warung-warung secara online maupun take away, demikian yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai bersepeda memantau mobilitas masyarakat di perbatasan Kota Semarang-Kabupaten Kendal, Jumat (9/7).

“Karena situasi ini para pedagang menjadi sulit, maka ayo saya ajak yang punya rezeki, yang punya gaji tetap,  apalagi kawan ASN, yuk kita banyak jajan. Kalau perlu enggak usah masak,” kata Gubernur Ganjar yang dikutip laman Jatengprov, Jumat (9/7).

Gubernur Ganjar melihat mobilitas masyarakat di Jawa Tengah masih tinggi, khususnya selama pelaksanaan PPKM Darurat dan dengan banyak belanja di warung, maka itu akan membantu para pedagang dalam situasi yang sulit dan berat seperti saat ini. Sekaligus mendukung pelaksanaan PPKM Darurat guna menekan persebaran COVID-19.

Ditambahkan oleh Gubernur Ganjar, mari kita belilah di warung tetangga. Belilah di mereka yang jualan agar mereka bisa hidup ekonominya, jika kita belanja sendiri mungkin ngirit ya, sekarang boros sepuluh persen tidak apa-apa, sehingga warung-warung akan laku.

Ajakan ini dilakukan untuk membantu pedagang, gerakan banyak jajan secara online maupun take away tersebut, juga membantu para penyedia jasa layanan ojek, baik ojek dari perusahaan formal maupun tetangga di sekitarnya.

Terakhir, Gubernur Ganjar berharap mobilitas masyarakat di Jawa Tengah agar ditekan lagi dan memohon kesadaran masyarakat. Sebab masih terlihat ada peningkatan mobilitas dalam dua hari terakhir. Padahal sebelumnya sudah terlihat ada penurunan mobilitas. Pengetatan ini juga akan melibatkan petugas dari kepolisian dan TNI di lapangan.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.