(Beritadaerah – Industri Pariwisata) Pernahkah Anda mendengar lokasi wisata Simbar Semeru? Ini merupakan lokasi wisata yang mulai dilirik masyarakat luas. Meskipun objek wisata ini belum dibuka untuk umum, namun sejumlah masyarakat yang penasaran mulai mencari tahu lokasi dari objek wisata yang langsung berhadapan dengan Gunung Semeru tersebut.

Tepatnya daerah ini berlokasi di Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Jarak tempuh kurang lebih 42 KM dari Kota Lumajang. Posisi Simbar Semeru berada di ketinggian 1.040 Mdpl, sehingga pengunjung bisa menikmati suasana seperti berada di atas awan.

“Jadi ini masih tahap uji coba, hanya dibuka sabtu dan minggu, belum dibuka secara umum, karena kita masih persiapan, baik pengelolaannya dan sarana prasarananya, tapi alhamdulillah sudah ramai,” terang Suharyono, salah satu pengelola Simbar Semeru, Minggu (20/6/2021).

Suharyo menerangkan bahwa untuk mencapai lokasi Simbar Semeru, jalan yang harus dilewati lumayan terjal dan menguras tenaga. Pengelola sudah menyediakan jasa ojek yang siap mengantar pengunjung dari area parkir kendaraan menuju lokasi Simbar Semeru.

Bagi pengunjung yang ingin mendapatkan pemandangan luar biasa, direkomendasikan untuk naik pagi hari sebelum matahari terbit dan sore hari sebelum matahari terbenam.

Pengelola juga menyediakan perlengkapan untuk pengunjung yang akan bermalam di sana. “Sudah kami sediakan tenda, juga ada toilet, musholah dan menu makanan kampung, ada juga kopi lokal dari perkebunan di sini,” ujar Suharyono.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: PemKab. Lumajang

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.