(Beritadaerah-Wisata Nusantara) Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan memiliki banyak wisata Pantai yang akan membuat pengunjung ingin berlama-lama berekreasi, salah satunya Pantai Watu Bale yang terletak di pesisir Kebumen Selatan atau secara administratif masuk desa Pasir kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen, Jum’at (28/05).

Pantai Watu Bale yang berada di perbukitan karst Gombong Selatan dapat ditempuh kurang lebih 45 menit dari arah Gombong. Jalan menuju Pantai Watu Bale sudah beraspal, kendaraan roda dua dan empat pun sudah bisa melintas. Selama perjalanan pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan pantai berbukit dengan jalan yang sedikit menanjak. Namun demikian, hendaknya pengunjung dihimbau untuk tetap berhati-hati mengingat jalan menuju Pantai Watu Bale cukup berliku.

Administratur KPH Kedu Selatan, Komarudin menyampaikan bahwa Pantai Watu Bale yang terletak di desa Pasir tersebut masuk dalam pangkuan hutan Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sikayu, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Gombong Selatan.

“Pengelolaan Pantai Watubale dikerjasamakan dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Rimba Lestari Desa Pasir Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Ini merupakan implementasi pengelolaan sumber daya hutan bersama masyarakat untuk mencapai keberlanjutan fungsi hutan dan manfaat hutan secara optimal dan proporsional, yang tidak lain bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa hutan, dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah pengelolaan hutan secara lestari,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu anggota Pokdarwis Watu Bale LMDH Rimba Lestari bernama Rano Supriyono menjelaskan berbagai fasilitas yang sudah tersedia di lokasi wisata yakni mushola, toilet umum, karaoke gratis saat hari Minggu, tempat untuk berswafoto berupa tebing Titanic, jembatan segitiga serta rumah pohon dengan nuansa pemandangan Samudera Hindia.

“Jika pengunjung ingin mencicipi kuliner khas Watu Bale, tersedia juga di warung-warung menu seafood seperti ikan segar serta brekecek ikan pedas. Bagi yang ingin membawa oleh-oleh juga tersedia toko souvenir khas Watu Bale. Oleh-oleh ikan laut segar juga ada karena tidak jauh dari Watu Bale ada Tempat Pelelangan Ikan,” begitu tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.