(Beritadaerah – Info Daerah) Forkopimda Temanggung menyelenggarakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di Pendapa Pengayoman, Selasa (1/6/2021). Hadir juga secara fisik para pemimpin daerah seperti Bupati Temanggung HM Al Khadziq, Wakil Bupati Heri Ibnu Wibowo, Sekda Hari Agung Prabowo, dan Ketua DPRD Yunianto.

Upacara virtual juga diikuti oleh ASN di lingkungan kerjanya masing-masing dengan sentral di Gedung Pancasila. Seluruh peserta upacara mengenakan baju adat tradisional Nusantara. Upacara berlangsung hikmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

Penggunaan pakaian daerah dilakukan agar lebih memaknai, bahwa negara kita punya bermacam-macam adat, akan tetapi tetap berada dalam satu bingkai, yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI. Kebhinekaan merupakan cerminan kekuatan, meski berbeda tapi tetap satu.

Presiden Joko Widodo memimpin langsung upacara tersebut secara virtual dari Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta. Dalam amanatnya Presiden menyampaikan beberapa hal krusial terkait Pancasila, bahwa saat ini tantangan yang dihadapi tidaklah ringan.

“Tantangan yang dihadapi Pancasila tidak ringan. Globalisasi dan interaksi antar dunia tidak serta merta bisa menyamakan pandangan dan kebersamaan. Belum lagi meningkatnya rivalitas dalam berbagai bidang termasuk masalah ideologi,” katanya.

Ditegaskan, semua elemen harus membumikan Pancasila dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4.0. Semua daerah harus bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.