(Beritadaerah – Medan) Kota Medan di Provinsi Sumatera Utara menjadi salah satu kota di Indonesia yang akan dibangun Light Rail Transit (LRT). Selain Bandung, tentunya akan dibangun LRT yang jalurnya saling melengkapi dengan transportasi kereta api yang sudah ada, demikian yang disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat kunjungan kerja ke Medan, Sabtu (29/5).

Dalam kunjungan ini, Menhub Budi bertemu dengan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Walikota Medan Bobby Nasution membahas rencana pengembangan angkutan massal. Selain itu juga Menhub Budi melakukan kegiatan pengecekan pelaksanaan protokol kesehatan di Stasiun Medan Besar bersama Gubernur Sumut dan Walikota Medan.

“Saya apresiasi Pemprov Sumut dan Pemkot Medan yang begitu antusias untuk menjadikan angkutan massal sebagai angkutan masa depan. Kami berdiskusi soal kereta api, Light Rail Transit (LRT), dan Bus Rapid Transit (BRT),” kata Menhub Budi yang dikutip laman Dephub, Sabtu (29/5).

Menhub mengatakan, untuk mengatasi masalah kemacetan di kota Medan dan sekitarnya, perlu dilakukan pembangunan infrastruktur transportasi massal yang terintegrasi. Beberapa jalan di Medan kondisinya macet dan dengan dibangunnya angkutan massal nantinya akan menjadi pilihan utama masyarakat untuk melakukan pergerakan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Menhub menuturkan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melakukan sejumlah pembangunan infrastruktur transportasi perkotaan di Medan, seperti kereta bandara dari Kota Medan menuju ke Bandara Kualanamu. Dan rencananya akan dilanjutkan pembangunan jalur kereta tersebut hingga ke daerah Binjai dan Belawan.

Dijelaskan oleh Menhub, di Kota Medan akan dibangun LRT dan angkutan massal berbasis bus yakni BRT dengan konsep Buy The Service (BTS), yang akan disubsidi pemerintah.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan, saat ini setiap tahun pertumbuhan penduduk di Sumatera Utara mencapai 0,3%, menurutnua jika tidak memikirkan transportasi massal tentunya akan terjadi kepadatan lalu lintas di sejumlah daerah di Sumut.

Sedangkan Walikota Medan Bobby Nasution menyambut baik program-program dari Kemenhub yang akan diselaraskan dengan program Pemerintah Kota Medan. Ia mengajak masyarakat kota Medan untuk lebih memilih menggunakan transportasi massal daripada angkutan pribadi.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

 

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.