Energi angin adalah energi terbarukan yang memanfaatkan energi yang dihasilkan oleh angin melalui penggunaan turbin angin yang mengubahnya menjadi listrik. Angin secara teknis berasal dari matahari sebagai produk sampingan dari perbedaan suhu. Angin dihasilkan dari pemanasan yang tidak merata di atmosfer, pegunungan, lembah, dan planet-planet yang mengelilingi matahari. Seperti semua bentuk energi terbarukan lainnya, energi angin memiliki pro dan kontra. Energi terbarukan tertentu bekerja lebih baik di berbagai wilayah di dunia karena alasan dan keadaan yang berbeda . Itulah mengapa penting bagi konsumen untuk mengetahui mana yang terbaik untuk bagian negara mereka.

A. Keuntungan Energi Angin

Memanfaatkan angin untuk menghasilkan energi memiliki kelebihan dan merupakan pilihan yang efisien untuk berbagai belahan dunia karena tidak bergantung pada paparan sinar matahari langsung seperti energi matahari .

Bahan Bakar Gratis

Karena turbin angin itu sendiri beroperasi secara ketat dengan tenaga angin yang dihasilkan, tidak diperlukan bahan bakar. Setelah turbin selesai dan dipasang, turbin tidak perlu diberi bahan bakar atau disambungkan ke daya untuk terus bekerja. Hal ini juga mengurangi biaya keseluruhan untuk terus menjalankan ladang angin skala besar dibandingkan dengan bentuk energi terbarukan lainnya , yang memerlukan investasi energi.

Salah Satu Bentuk Energi Terbersih

Karena energi angin tidak bergantung pada bahan bakar fosil untuk menggerakkan turbin, energi angin tidak berkontribusi terhadap perubahan iklim dengan mengeluarkan gas rumah kaca selama produksi energi. Satu-satunya saat energi angin secara tidak langsung melepaskan gas rumah kaca adalah selama pembuatan dan pengangkutan turbin angin, serta selama proses pemasangan. Tenaga angin menerangi rumah dan bisnis dengan energi yang tersedia tak terbatas.

Kemajuan Teknologi

Kemajuan terbaru dalam teknologi telah mengubah desain turbin angin awal menjadi pemanen energi yang sangat efisien. Turbin tersedia dalam berbagai ukuran, meningkatkan pasar ke berbagai jenis bisnis dan oleh individu untuk digunakan di rumah di petak dan lahan yang lebih besar. Seiring dengan kemajuan teknologi, begitu pula fungsionalitas struktur itu sendiri, menciptakan desain yang akan menghasilkan lebih banyak listrik, memerlukan lebih sedikit perawatan, dan berjalan lebih tenang dan aman.

Tidak Mengganggu Operasi Lahan Pertanian

Pemasok energi dapat membangun turbin angin mereka di lahan pertanian yang sudah ada sebelumnya dan membayar pemilik pertanian untuk membangun properti mereka dalam bentuk kontrak atau sewa. Ini adalah keuntungan besar bagi para petani yang dapat menggunakan pendapatan tambahan, dan turbin angin hanya memakan sedikit ruang di permukaan tanah, sehingga tidak mengganggu produksi pertanian mereka.

Mengurangi Ketergantungan Bahan Bakar Fosil

Energi yang dihasilkan dari bahan bakar fosil tidak hanya berkontribusi pada perubahan iklim, tetapi suatu hari kita akan kehabisan energi. Selama matahari memanaskan planet, maka pasokan angin tidak akan habis. Lebih jauh lagi, mengembangkan dan berinvestasi dalam teknologi yang hanya dapat berjalan pada sumber daya yang terbatas—yang mungkin akan habis seumur hidup kita—adalah pemborosan modal manusia, dana swasta, dan uang pajak yang mengerikan.

B. Kekurangan Energi Angin

Meskipun energi angin adalah pilihan energi yang terbarukan dan lebih hijau, ia masih memiliki kekurangan dan keterbatasan.

Berbahaya bagi Beberapa Satwa Liar

Turbin angin dikenal sebagai ancaman bagi satwa liar. Burung terbang dan kelelawar yang habitat atau jalur migrasinya dapat terluka atau terbunuh jika menabrak pisau yang menghidupkan struktur turbin angin seperti kipas saat berputar. Kematian burung dan kelelawar adalah topik kontroversial di lokasi peternakan angin, yang telah menimbulkan kekhawatiran oleh kelompok konservasi ikan dan satwa liar. Selain satwa liar yang terbang di udara, satwa liar di darat juga dapat terpengaruh oleh polusi suara yang dihasilkan dari bilah pisau yang berputar. Meskipun turbin angin dapat menyebabkan masalah bagi satwa liar, hal-hal lain seperti gedung pencakar langit dan jendela besar juga berbahaya dan terus dibangun tanpa pertanyaan atau protes serupa.

Berisik

Turbin angin bisa sangat bising, itulah sebabnya mereka kebanyakan ditemukan di daerah pedesaan di mana kebanyakan orang tidak tinggal. Bergantung pada lokasi turbin, seperti lepas pantai, kebisingan tidak menjadi masalah. Dengan kemajuan teknologi, desain yang lebih baru telah terbukti mengurangi keluhan kebisingan dan memiliki tampilan yang jauh lebih tenang.

Biaya Dimuka Mahal

Instalasi turbin angin, seperti bangunan besar ini seringkali setinggi ratusan kaki dan membutuhkan investasi awal yang besar. Penempatan turbin angin di daerah pedesaan membutuhkan investasi lebih lanjut di jalur bawah tanah untuk mengirim listrik ke daerah yang lebih padat seperti kota-kota yang membutuhkan. Sebagian besar biaya adalah pemasangan awal dan tahap pembangunan, tetapi setelah itu, energi angin menghasilkan pasokan energi yang tidak ada habisnya selama ada angin.

Tidak Dapat Dipercaya / Tidak Dapat Diprediksi

Energi angin mengalami gangguan yang disebut intermittency, yaitu gangguan yang disebabkan oleh ketidakkonsistenan angin itu sendiri. Karena angin dapat bertiup dengan berbagai kecepatan, sulit untuk memprediksi jumlah energi yang dapat dikumpulkannya pada waktu tertentu. Ini berarti pemasok dan kota perlu memiliki cadangan energi atau sumber daya alternatif jika angin mereda untuk jangka waktu yang lebih lama.

Keuntungan dan kekurangan energi angin ini menjadikan pemanfaatan angin menjadi pro dan kontra, namun tetap dapat menjadi alternatif dalam mengurangi penggunaan energi fosil yang sudah semakin terbatas di seluruh dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.