Bukan rahasia lagi bahwa pemanasan global adalah salah satu masalah lingkungan terbesar yang dihadapi planet kita saat ini. Para ahli, ilmuwan, dan peneliti sama-sama setuju bahwa manusia adalah penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim saat ini, terutama karena emisi karbon dan gas rumah kaca yang diciptakan oleh gaya hidup kita. Banyak dari emisi karbon ini dilepaskan melalui aktivitas sehari-hari, seperti mengemudi, memanaskan dan mendinginkan rumah kita, serta memanfaatkan listrik.

Dalam dunia yang ideal, semua energi akan berasal dari sumber terbarukan. Ini berarti tidak ada lagi pengeboran minyak / tumpahan minyak yang tidak menguntungkan, lebih sedikit emisi karbon berbahaya yang dilepaskan ke atmosfer dan berkurangnya efek pemanasan global .

Meskipun jalan masih panjang, setiap hari, para ilmuwan membuat penemuan yang membantu sumber energi terbarukan menjadi pilihan yang layak untuk generasi mendatang. Kita sekarang tahu bahwa kita menggunakan sumber daya yang terjadi secara alami di bumi seperti matahari, angin, dan air untuk memenuhi kebutuhan energi kita. Tapi bagaimana cara kerjanya? Di sini, kita akan melihat beberapa cara menggunakan energi alternatif untuk menghasilkan tenaga terbarukan.

Bagaimana Menggunakan Panas Matahari Untuk Menghasilkan Energi?

Teknologi energi surya mengacu pada sistem berbasis surya yang menangkap energi radiasi dari matahari dan mengubahnya menjadi bentuk energi lain, seperti energi listrik atau panas. Energi matahari meliputi tenaga surya untuk pembangkit listrik, sistem tenaga surya pasif, dan sistem panas matahari untuk pemanas ruangan dan pemanas air.

Ada dua jenis sistem tenaga surya utama. Jenis pertama adalah melalui fotovoltaik (PV), yaitu teknologi yang digunakan pada panel surya. Di sini, sinar matahari langsung diubah oleh sistem PV menjadi listrik dengan sel surya. Jenis lainnya disebut sistem tenaga panas matahari terkonsentrasi (CSP), yang mengubah sinar matahari menjadi panas terlebih dahulu menggunakan cermin dan penerima, kemudian menggunakan panas tersebut untuk menghasilkan atau menyimpan listrik.

Energi matahari sangat mungkin menjadi sumber energi terbarukan terbaik yang kita miliki saat ini. Saat ini, ini adalah sumber energi alternatif paling melimpah dan terbersih yang tersedia serta salah satu yang termurah. Indonesia adalah rumah bagi beberapa sumber daya surya terbaik yang tersedia di seluruh dunia.

Apa itu Pembangkit Listrik Tenaga Air? Bagaimana cara kerjanya?

Bendungan atau waduk adalah asosiasi paling umum dengan tenaga air . Saat air mengalir melalui turbin bendungan, ia menghasilkan listrik atau tenaga air yang dipompa penyimpanan. Pembangkit listrik tenaga air aliran sungai adalah bentuk lain yang menggunakan saluran untuk menyalurkan air melalui alih-alih bendungan. Sekarang ini terdapat tiga jenis pembangkit listrik yang umum digunakan di dunia.

Waduk

Jenis pembangkit listrik tenaga air yang paling umum adalah fasilitas penampungan. Fasilitas penampungan, biasanya sistem tenaga air besar, menggunakan bendungan untuk menyimpan air sungai di waduk. Air yang dilepaskan dari reservoir mengalir melalui turbin, memutarnya, yang selanjutnya mengaktifkan generator untuk menghasilkan listrik. Air dapat dilepaskan untuk memenuhi kebutuhan listrik yang berubah atau untuk mempertahankan tingkat reservoir yang konstan.

Run-of-river

Pengalihan air sungai, kadang-kadang disebut run-of-river, fasilitas menyalurkan sebagian sungai melalui kanal atau penstock. Mungkin tidak membutuhkan penggunaan bendungan.

Pump Storage

Jenis tenaga air lain yang disebut penyimpanan yang dipompa bekerja seperti baterai, menyimpan listrik yang dihasilkan oleh sumber daya lain seperti matahari, angin, dan nuklir untuk digunakan nanti. Ini menyimpan energi dengan memompa air ke atas ke waduk di ketinggian yang lebih tinggi dari waduk kedua di ketinggian yang lebih rendah. Ketika permintaan listrik rendah, fasilitas penyimpanan yang dipompa menyimpan energi dengan memompa air dari reservoir bawah ke reservoir atas. Selama periode permintaan listrik tinggi, air dilepaskan kembali ke reservoir bawah dan memutar turbin, menghasilkan listrik.

Kali ini kita bahas dua jenis pembangkit listrik dari energi terbarukan, masih ada pembangkit-pembangkit energi terbarukan yang diupayakan di seluruh dunia. Menarik untuk dipelajari sebab Indonesia memiliki semua sumber-sumber ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.