Menperin: Industri IKM Mampu Hasilkan Produk Bagi Pasar Domestik dan Ekspor

(Beritadaerah – Magelang) Puncak dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dengan tema Festival Joglosemar: Artisan of Java, berlangsung di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada hari Kamis (20/5). Acara ini diharapkan dapat membangkitkan gairah para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah/industri kecil dan menengah (UMKM/IKM) dalam negeri di tengah tekanan dampak pandemi COVID-19.

Aritsan of Java diresmikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, dengan didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Pada kesempatan ini, Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutannya secara virtual dan dihadiri langsung oleh sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

Dalam sambutannya Menteri Perindustrian (Menperin) Agus mengatakan, sesuai arahan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan selaku Koordinator Gernas BBI dan Ketua Timnas Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), bahwa masyarakat Indonesia agar bisa mendukung produk industri nasional dengan menggunakan dan membelinya.

“Saat ini pelaku industri kecil dan menengah (IKM) telah mampu menghasilkan berbagai produk yang dibutuhkan oleh pasar domestik dan ekspor, dengan kualitas yang kompetitif, Artinya, apapun itu kebutuhannya, semua produknya sudah bisa diciptakan oleh anak bangsa kita sendiri,” kata Menperin Agus dalam siaran persnya pada Kamis (20/5).

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, Menperin mengemukakan, Gernas BBI melalui Festival Joglosemar menjadi momentum untuk membangkitkan gairah usaha para pelaku IKM di seluruh wilayah Indonesia. Kemenperin memberikan apresiasi kepada pelaku IKM yang berperan penting sebagai pilar utama dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

Menperin menyebutkan, tiga tujuan utama dilaksanakannya program Gernas BBI Festival Joglosemar, yaitu meningkatkan jumlah pelaku IKM yang onboarding, menciptakan value creation bagi pelaku IKM, dan meningkatkan permintaan produk IKM.

Melalui kesempatan ini, Menperin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para mitra kerja, antara lain DPR RI, Kementerian/Lembaga lain, Bank Indonesia, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, IdEA beserta marketplace, Media, Linkaja dan DANA selaku Top Brand pada Gernas BBI di bulan Mei 2021, serta semua pihak yang telah mendukung keberhasilan pelaksanaan Gernas BBI Festival Joglosemar yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu