(Beritadaerah – Pariaman) Objek wisata di Kota Pariaman, Sumatera Barat ditutup selama dua hari dari tanggal 16-17 Mei 2021 karena pengunjung dan pelaku pariwisata kurang mematuhi prokes, serta tingginya angka kunjungan wisatawan selama liburan Hari raya Idulfitri 1442 H. Terkait dengan tersebut Pemerintah Kota Pariaman melakukan evaluasi, dan mulai Selasa (18/5), semua objek wisata kembali dibuka untuk umum dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, setelah sebelumnya dua hari ditutup.

Kebijakan membuka kembali objek wisata tersebut dilakukan oleh Wali Kota Pariaman, Genius Umar setelah mendengar saran dan masukan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pariaman saat rapat evaluasi Tim Satgas COVID-19 Kota Pariaman bersama dengan Kapolres Pariaman, AKBP Deny Rendra Laksmana, Dandim 0308 Pariaman, Letkol Czi Titan Jatmiko, Ketua DPRD Kota Pariaman, Fitri Nora beserta Forkopimda lainnya serta OPD terkait, di Ruang Rapat Wali Kota Pariaman, Senin (17/5).

“Setelah kita evaluasi kebijakan penutupan objek wisata dua hari ini, maka berdasarkan saran dan pertimbangan Forkopimda yang hadir bahwa kita sepakat untuk membuka kembali objek wisata dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Genius yang dikutip laman Infopublik, Selasa (18/5).

Ditambahkan oleh Genius, mulai besok Tim Satgas COVID-19 akan mengecek suhu pengunjung di pintu masuk objek wisata. Jika suhunya tinggi, tidak boleh masuk ke objek wisata dan pengunjung serta pelaku usaha harus tetap memakai masker. Kami juga akan merutinkan razia prokes di objek wisata tersebut, jika pengunjung melanggar prokes maka petugas akan mengusir keluar dan menutup tempat usaha tersebut.

Wali kota Pariaman mengingatkan, meskipun Kota Pariaman saat ini berada pada zona kuning atau risiko rendah, namun tidak boleh lengah dengan prokes COVID-19. Semua objek wisata melakukan pengecekan suhu di pintu masuk bagi pengunjung, selain itu tim juga akan berkeliling di objek untuk memantau pengunjung yang tidak mematuhi prokes.

Pemerintah Kota Pariaman mengimbau kepada para pelaku pariwisata dan pengunjung di objek wisata maupun di tempat lainnya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Sehingga diharapkan, dengan perlahan ekonomi di Kota Pariaman pulih kembali.

Kota Pariaman memiliki beberapa destinasi wisata yang menjadi pilihan wisatawan seperti Air Terjun Batu Basurek, Pulau Angso Duo, Pantai Kata Pariaman, Pantai Gandoriah, Taman Bendungan Anai, Pantai Cermin dan lainnya.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.