(Beritadaerah – Jakarta) Saat Hari Lebaran, beberapa lokasi wisata di Jakarta melakukan pembatasan jumlah kunjungan. Seperti di Taman Impian Jaya Ancol yang menerapkan kebijakan pembatasan jumlah kunjungan maksimal 30 persen dari kapasitas normal. Pembatasan ini mulai berlaku dari tanggal 13-23 Mei 2021.

Taman Impian Jaya Ancol memiliki luas 215 ribu meter kubik mampu menampung sekitar 120.000 pengunjung pada kondisi normal. Melalui pembatasan 30 persen ini hanya 30.000 pengunjung yang dapat memanfaatkan seluruh area rekreasi, demikian yang dikatakan oleh Vice president Taman Impian Jaya Ancol, Ferdinand Gultom.

“Pembatasan kapasitas pengunjung dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mencegah penularan COVID-19,” kata Ferdinand yang dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (12/5).

Ferdinand menjelaskan, pembatasan kapasitas pengunjung ini menerapkan skema buka tutup. Artinya, akses masuk area Taman Impian Jaya Ancol akan ditutup apabila sudah mencapai kapasitas maksimal dan dibuka kembali jika kapasitas pengunjung menurun.

Dijelaskan oleh Ferdinand bahwa pihaknya mohon maaf jika pengunjung terpaksa menunggu sejenak di pintu gerbang masuk apabila kapasitas telah mencapai maksimal. Mereka kembali diperbolehkan masuk apabila sebagian pengunjung telah keluar dari area Taman Impian Jaya Ancol.

Ia menambahkan, tidak ada kriteria khusus bagi pengunjung yang akan memasuki area Taman Impian Jaya Ancol. Namun, setiap pengunjung diimbau untuk menerapkan dan mengingatkan anggota keluarganya menjalankan protokol kesehatan terutama anak-anak dan lanjut usia (lansia).

Untuk diketahui, kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol telah mengantongi sertifikasi Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan) atau disingkat CHSE dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Sekitar 2.000 karyawan tetap, tenaga alih daya, dan mitra operasional Taman Impian Jaya Ancol telah menerima vaksinasi COVID-19 hasil kolaborasi antara Dinas Kesehatan dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta.

Berikut jam operasional Taman Impian Jaya Ancol selama momentum libur Idul Fitri ;

1. Pintu Gerbang Ancol, dibuka mulai pukul 06.00-20.00 WIB

2. Kawasan Taman dan Pantai, dibuka mulai pukul 06.00-21.00 WIB

3. Kawasan Allianz Ecopark dibuka mulai pukul 07.00-17.00 WIB

4. Dunia Fantasi dibuka mulai pukul 10.00-17.00 WIB

5. Ocean Dream Samudra dibuka mulai pukul 09.00-17.00 WIB

6. Sea World Ancol dibuka mulai pukul 09.00-17.00 WIB

7. Atlantis Water Adventures dibuka mulai pukul 08.00-16.30 WIB

Sementara itu untuk Taman Margasatwa Ragunan (TMR) di Jakarta Selatan, akan kembali buka operasi pada H+1 Idul Fitri atau tepat hari Jumat, 14 Mei 2021. Sampai dengan tanggal 30 Mei 2021, pihak pengelola Ragunan hanya melayani pengunjung berkartu tanda penduduk (KTP) DKI Jakarta. Bagi calon pengunjung diingatkan supaya mendaftar lewat online sehari sebelum hari kunjungan. Pihak TMR juga melakukan pembatasan kapasitas 30 persen agar tidak terjadi kepadatan kerumunan di dalam area taman. Setelah mencapai kapasitas maka TMR akan di tutup.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.