(Beritadaerah – Karawang) Menyambut Hari Idul Fitri 2021 dan dalam semangat gotong royong, UPT  Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) dalam hal ini Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang membagikan ikan segar hasil budidaya kepada masyarakat di 6 (enam) Dusun di Kecamatan Cilebar, Kabupaten Karawang, Jawa Barat dengan jumlah sekitar 1.838 KK atau dengan total bantuan 2,5 ton ikan segar. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto dalam keterangannya sesaat setelah membagikan langsung ikan segar hasil budidaya secara simbolis kepada masyarakat penerima paket ikan segar hasil budidaya, Selasa (11/5).

“Kegiatan tersebut diinisiasi Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono dengan tujuan mengajak masyarakat untuk terus mengonsumsi ikan sebagai makanan bergizi yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh di tengah pandemi COVID-19 yang belum usai, dengan meramaikan lebaran dengan menu ikan segar hasil budidaya,” kata Slamet yang dikutip laman KKP, Kamis (13/5).

Slamet menambahkan asam lemak tidak jenuh esensial seperti EPA dan DHA yang terkandung dalam ikan dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah stres. EPA dan DHA sangat dibutuhkan tubuh guna membantu menjaga kesehatan tubuh.

Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu juga menyampaikan bahwa mengonsumsi ikan dapat meningkatkan imunitas tubuh demi mencegah COVID-19. Bantuan ini diberikan dalam rangka mengajak masyarakat untuk tetap selalu rajin mengonsumsi ikan sebagai asupan protein sekaligus upaya menangkal virus COVID-19

Slamet menjelaskan pembagian ikan segar hasil budidaya yang terdiri dari ikan nila, lele dan bandeng dengan total sebanyak kurang lebih 2,5 ton merupakan hasil pengumpulan donasi para pegawai BLUPPB Karawang melalui Koperasi KPRI Graha Mina sehingga tidak menggunakan dana APBN. Paket ikan segar tersebut dikemas secara higienis dengan harapan bisa memenuhi kebutuhan pangan sumber protein hewani yang relatif tinggi nilainya dengan harga yang terjangkau.

Sementara itu, Kepala BLUPPB Karawang, Ikhsan Kamil mengatakan kegiatan bakti sosial ini merupakan kegiatan kemanusiaan dari hasil donasi seluruh karyawan BLUPPB Karawang melalui Koperasi KPRI Graha Mina. Semoga paket ikan segar ini dapat membahagiakan dan membantu meringankan masyarakat dalam menyiapkan menu lebaran.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.