(Beritadaerah – Nasional) Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan di Peresmian Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021, Selasa (4/5/2021). Presiden mengimbau pada para kepala daerah agar senantiasa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini. Termasuk di dalamnya, di tengah kondisi merebaknya wabah global Covid-19.

“Kita juga harus siap untuk melakukan perubahan secara cepat untuk menyesuaikan dengan tantangan dan peluang-peluang yang ada,” ujar Presiden Joko Widodo.

Mengandalkan penggunaan teknologi mutakhir dalam kondisi wabah global Covid-19, memang sangat dibutuhkan. Sebab, dengan menggunakan teknologi ini berbagai pelayanan pemerintahan dapat dilakukan dengan medium dalam jaringan (daring).

“Pelayanan pemerintahan tidak bisa secara luring, maka kita harus berubah cepat menggunakan instrumen online atau daring,” katanya.

Saat ini, penggunaan teknologi menjadi tulang punggung dalam pelayanan pemerintahan di masa pandemi. Sehingga, menguasai teknologi menjadi kunci penting dalam mendorong pelayanan publik yang berkualitas ke depan.

Mengingat penggunaan teknologi kini telah merambah ke berbagai sektor yakni pendidikan, bisnis, kesehatan, perbankan dan lain sebagainya. Maka sudah seharusnya kepala daerah mempersiapkan jajarannya untuk mengantisipasi hal itu.

“Kita juga harus responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mengantisipasi semua itu harus responsif terhadap deskripsi yang membuat dunia berubah sangat cepat,” imbuhnya.

Peran dari pemerintah daerah adalah memastikan, bahwa teknologi yang berkembang pada berbagai sektor tersebut dapat dimanfaatkan secara positif oleh berbagai lapisan masyarakat. Sehingga, adanya teknologi membawa dampak kesejahteraan bagi kehidupan masyarakat.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: BPMI

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.