(Beritadaerah – Kedu) Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terus memantau perkembangan harga dan pasokan pangan strategis baik di tingkat produsen maupun konsumen di seluruh daerah. Hal ini sebagai early warning permasalahan pangan agar langkah antisipatif dapat tepat dilaksanakan dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan menjelang Lebaran 2021.

Untuk Provinsi Jawa Tengah, Bulog Cabang Kedu menjamin ketersediaan kebutuhan bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan hingga Lebaran 2021, aman dan tercukupi. Bahkan, khusus untuk beras, Bulog telah menyediakan stok sebanyak 10 ribu ton.

Stok 10 ribu ton beras tersebut untuk memenuhi kebutuhan di lima kabupaten dan satu kota, yakni Kabupaten Temanggung, Wonosobo, Kebumen, Purworejo, Magelang, dan Kota Magelang. Hal ini disampaikan oleh Pemimpin Cabang Bulog Kedu, Meizarani.

“Selama Ramadan hingga Lebaran nanti kita pastikan ketersediaan kebutuhan bahan pokok aman, seperti beras, gula pasir, minyak goreng, tepung dan daging kerbau maupun sapi,” kata Meizarani yang dikutip laman Jatengprov, Rabu (5/5).

Meizarani menegaskan, untuk menjaga keseimbangan harga beras medium, pihaknya terus melaksanakan program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) beras medium. Kegiatan KPSH tersebut rutin dilaksanakan setiap hari secara masif melalui pengecer.

Program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga secara rutin dilakukan oleh Bulog Kedu, dan diharapkan mampu menahan jika terjadi kenaikan harga beras di pasaran.

Sementara itu, usai melakukan pemantauan ketersediaan pangan di gudang Bulog Bengkal, Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo mengatakan, dengan jumlah persediaan yang ada, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir dan panik terkait stok beberapa jenis kebutuhan bahan pokok. Karena saat ini pada kondisi yang aman dan mencukupi.

Selain stok mencukupi untuk kebutuhan masyarakat di Temanggung, Heri juga memastikan harga beras kualitas medium yang dijual Bulog pada kisaran Rp 8.300 per kilogram, sedangkan beras kualitas premium dijual dengan harga Rp12.800 per kilogram atau sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET).

Ditambahkan oleh Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo, saat ini di gudang Bulog Bengkal Temanggung ada stok beras sebanyak 1.700 ton, jumlah itu cukup hingga lebaran nanti, karena rata-rata per bulan konsumsi beras di Temanggung hanya 740 ton.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.