(Beritadaerah – Jakarta) Bantuan peminjaman modal kepada nelayan merupakan salah satu program dalam Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui  Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (BLU LPMUKP) di masa pandemi COVID-19.

Penyaluran bantuan pinjaman modal ini sesuai dengan kebijakan Menteri Trenggono dalam mendukung peningkatan produktvitas nelayan dalam menangkap ikan. Selain itu, pinjaman modal ini merupakan salah satu aksi KKP dalam rangka mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Menindak lanjuti kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan akhir Maret  lalu ke Kabupaten Belitung, BLU LPMUKP menyalurkan bantuan pinjaman modal kepada nelayan Suak Gual  di Pulau Mendanau, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung. Dijelaskan oleh Direktur BLU LPMUKP Syarif Syahrial bahwa empat nelayan tersebut mendapatkan total pinjaman sebesar Rp 290 juta.

“Bantuan permodalan ini untuk mendukung nelayan tetap bisa eksis di masa pandemi COVID-19,” kata Syarif Syahrial yang dikutip laman KKP, Jumat (23/4).

Dijelaskan oleh Syarif bahwa pinjaman modal berbunga ringan ini menjadi salah satu bentuk kehadiran KKP ditengah masyarakat, sesuai arahan Menteri Trenggono bahwa selain memberikan pelayanan yang prima, jajaran kelautan dan perikanan harus bisa memberikan solusi dan pendampingan bagi masyarakat.

Syarif menambahkan dana bantuan pinjaman modal yang diberikan pemerintah semakin besar setiap tahunnya. Pada tahun 2020, BLU LPMUKP telah menyalurkan dana sebesar Rp 192,7 miliar untuk 4.108 pemanfaat. Sedangkan, pada tahun 2021 sampai bulan Maret ini, dana sebesar Rp 97,1 miliar telah disalurkan kepada 1.877 pemanfaat.

Kehadiran BLU LPMUKP dapat membantu masyarakat kelautan dan perikanan agar mudah mendapatkan akses permodalan. Bantuan pinjaman modal diberikan kepada pelaku usaha perikanan pemegang kartu usaha kelautan dan perikanan (KUSUKA) baik perorangan maupun kelompok yang memenuhi syarat dan kriteria penerima bantuan yang mudah.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.