(Berita Daerah-Nasional) Warga Kabupaten Pekalongan yang saat ini berada di perantauan diimbau untuk tidak pulang kampung saat libur lebaran 2021. Imbauan tersebut sejalan dengan larangan bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran 2021 pada 6-16 Mei 2021

Hal itu disampaikan Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, seusai menghadiri acara buka puasa bersama Forkopimda Kabupaten dan Kota Pekalongan di Makodim 0710 Pekalongan, Jumat (16/4/2021) malam.

”Kepada warga Pekalongan yang ada di Jakarta, saya mohon agar ikut mengamankan kebijakan pemerintah, demi keselamatan kita bersama,” ujarnya.

Bupati Asip berharap agar warga tidak melanggar aturan tersebut, seperti saat 2020 lalu, yakni sebanyak 55 ribu orang nekat pulang kampung ke wilayah Pekalongan. Pihaknya siap berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat untuk melakukan pembatasan terhadap arus lalu lintas masuk ke Kabupaten Pekalongan.

”Kita sudah menerima surat edaran terkait dengan larangan mudik, tentu kita akan menyikapi, dengan mengamankan kebijakan dari pemerintah pusat,” ungkap Bupati Asip

Ditambahkan, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi dengan Paguyuban Warga Pekalongan di Jakarta supaya pembatasan mudik bisa dilakukan dengan baik.

Tak hanya itu, seluruh aparatur sipil negara (ASN) yang bekerja di Pemerintah Kabupaten Pekalongan tidak diizinkan untuk melakukan perjalanan mudik dan atau mengajukan cuti untuk pulang ke kampung halaman mereka masing-masing.

”Insyaallah para ASN di lingkungan Kabupaten Pekalongan ini sudah memahami aturan main sehingga tidak mengajukan izin untuk mudik pada hari itu. Pemerintah kabupaten juga tidak akan mengizinkan dalam rangka mengamankan instruksi dari pemerintah pusat,” ungkapnya.

Bupati Asip menyatakan siap mengoptimalkan kembali program Jogo Tonggo yang diinisasi oleh Gubernur Jawa Tengah. Program tersebut menjadi salah satu langkah penting dalam rangka mewaspadai munculnya potensi klaster baru Covid-19.

Joey/Journalist/BD
Editor: Joseph Batubara

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.