(Berita Daerah-Nasional)Pemerintah Kabupaten Banjarnegara mengirimkan bantuan uang tunai sebesar Rp200 juta kepada masyarakat di Flores Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Donasi tersebut sebagai wujud kepedulian Pemkab Purbalingga terhadap dampak dari bencana alam banjir bandang beberapa waktu lalu.

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, menjelaskan, donasi yang berasal dari Anggaran Pengeluaran dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2021 tersebut telah didistribusikan kepada Pemerintah Provinsi NTT melalui Bank NTT, beberapa waktu lalu.

Bupati berharap, selain untuk membantu pemulihan kondisi masyarakat terdampai banjir, bantuan tersebut menjadi jalan kebaikan dan pembuka pintu keberkahan bagi pemkab dan masyarakat Banjarnegara.

“Di bulan suci Ramadhan ini, hendaknya kita tingkatkan rasa kepedulian kepada sesama, tidak hanya mengejar ibadah kepada Allah tapi mari kita tingkatkan rasa kemanusiaan kepada sesama, terlebih yang sedang ditimpa bencana. Seluruh nusantara dan NKRI adalah saudara,” ujar Bupati Budhi saat ditemui di kantornya, Jumat (16/4/2021).

Lebih lanjut, bupati berpesan kepada warganya agar mengembangkan semangat kebersamaan dan kepedulian karena semua manusia adalah bersaudara.

“Pedoman kita Pancasila, yakni sila ketiga Persatuan Indonesia. Tentu saja tak lupa kita semua mendoakan, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa menguatkan dan melindungi saudara-saudara kita yang terdampak bencana, khususnya di Flores,” ujar bupati.

Sebelumnya, imbuh Budi, Pemkab Banjarnegara juga telah mengirimkan donasi untuk lima daerah terdampak bencana gempa bumi dan banjir, yakni Mamuju dan Majene (Sulawesi Barat), Banjar dan Tanah Laut (Kalimantan Selatan) dan Kabupaten Sumedang (Jawa Barat), sebesar Rp200 juta per daerah. Total donasi yang telah disalurkan sebesar Rp1 miliar.

 

Joey/Journalist/BD
Editor: Joseph Batubara

About The Author

Editor in Chief Beritadaerah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.