(Beritadaerah – Jawa) Dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur dan Prambanan, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Persero (TWC) mengembangkan paket sport tourism yakni bersepeda.

Rute bersepeda tersebut dari Candi Prambanan-Candi Borobudur atau sebaliknya, wisata ini dikombinasikan dengan olahraga atau yang lebih dikenal dengan istilah sport tourism semakin berkembang, demikian yang dikatakan oleh Manajer Komunikasi Pemasaran dan Media TWC Galuh Indah B.

“Kedepan sport tourism diharapkan menjadi salah satu motor penggerak sektor pariwisata di Indonesia. Sebab, Indonesia dinilai bisa menjadi salah satu ikon sport tourism dunia dengan kekayaan alam dan budaya yang dimilikinya,” kata Galuh yang dikutip laman BUMN, Selasa (13/4).

Melihat potensi ini, TWC menangkap peluang dengan menyusun program Temples Cycling Tour rute Prambanan – Borobudur. Paket wisata sepeda dengan rute Candi Prambanan – Candi Borobudur ini nantinya dapat dinikmati oleh masyarakat khususnya pecinta sepeda dan komunitas pesepeda. Dengan membeli paket ini, masyarakat bisa menikmati asyiknya bersepeda melintasi rute Candi Prambanan menuju Candi Borobudur.

Peserta gowes nantinya melintasi beberapa candi, yaitu Candi Prambanan, Candi Lumbung, Candi Bubrah dan Candi Sewu. Setelah itu, mereka melanjutkan perjalanan bersepeda menuju Candi Borobudur.

Galuh menuturkan pit stop 1 berlokasi di Candi Mendut. Di sini peserta mendapatkan cerita mengenai sejarah Candi Mendut. Melanjutkan perjalanan, lokasi pit stop 2 yaitu di Candi Pawon. Di sini peserta juga mendapatkan cerita mengenai Candi Pawon.

Memasuki kawasan Candi Borobudur, peserta gowes bersepeda berkeliling menikmati keindahan Candi Borobudur di sepanjang jalur sepeda di zona 2. Di sini peserta dapat mengabadikan momentum dengan berfoto berlatar belakang Candi Borobudur.

Galuh juga tambahkan bahwa ada nilai edukasi sejarah melalui wisata berbasis olahraga ini, bahwa candi merupakan destinasi wisata yang ramah goweser. Dengan program ini, TWC memberikan warna baru di dunia cycling. Mengingat kami adalah pengelola Taman Wisata Candi Borobudur dan Prambanan, kami mensinergikan antara cycling dengan Candi menjadi sebuah paket wisata yang menarik, sambil mengangkat dan mempromosikan candi-candi kecil di sekitar Prambanan dan Borobudur menuju kebangkitan pariwisata Indonesia.

Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah atau sekitar 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Sedangkan kompleks Candi Prambanan ada di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta dan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

 

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.