(Beritadaerah – Ekonomi Bisnis) Pembangunan pasar kini selain ramah lingkungan, juga dibuat tahan gempa, dan mengadopsi pemanfaatan metodologi Building Information Modelling (BIM) berbasis industri 4.0.

“Bangunan pasar lebih modern dari pasar lama. Pasarnya bersih jadi pembeli juga nyaman keliling.” Demikian ungkap Erna Wati, salah satu pedagang di Pasar Pariaman, sembari berharap penjualan dagangan bisa lancar.

Revitalisasi ini menjadikan Pasar Pariaman sebagai sarana perdagangan rakyat yang aman, nyaman, bersih, tertata, dan lebih estetis (tidak kumuh) di Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin pada acara peresmian Pasar Pariaman, menyampaikan keberadaan Pasar Pariaman selain sebagai sarana jual beli untuk memenuhi kebutuhan pokok masayarakat juga menjadi bagian dari layanan wisata. Memang lokasinya berada di pusat kegiatan kota dan dekat dengan Pantai Gandoriah.

“Pasar Pariaman diharapkan menjadi destinasi wisata belanja produk dalam negeri, sehingga juga bisa meningkatkan sektor ekonomi dari UMKM maupun pariwisata,” kata Wapres Ma’ruf Amin dalam sambutan di acara peresmian selesainya revitalisasi pasar di Kota Pariaman, Sumatera Barat, Selasa (6/4/2021).

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi dan Wakil Gubernur Audy Joinaldy, Anggota Komisi V DPR RI Athari Gauthi Ardi serta Walikota Pariaman Genius Umar.

Revitalisi pasar dilakukan dengan membangun kembali pasar lama yang berusia lebih dari 100 tahun dan sudah mengalami beberapa kali kerusakan akibat kebakaran dan gempa bumi pada 2009 dan 2016. Konstruksi pasar dibangun dengan konsep ramah lingkungan, tahan gempa, dan mengadopsi pemanfaatan metodologi Building Information Modelling (BIM) berbasis industri 4.0.

Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan bangunan pasar menggunakan konsep green building yang diharapkan mampu meminimalkan penggunaan daya listrik dengan desain memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik, sehingga lebih ramah lingkungan.

Kehadiran Pasar Pariaman yang sudah mulai dibuka sejak satu pekan disambut gembira oleh masyarakat. Para pedagang maupun pembeli merasa cukup nyaman dalam bertransaksi, karena pasar-nya besar dan bersih serta lapak yang disediakanpun cukup memadai dan terasa rapi.

 

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: Pemko Pariaman

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.