(Berita Daerah-Nasional)Gala dinner Hari Penyiaran Nasional ke-88 digelar di Istana Mangkunegaran, Rabu (31/3). Gala dinner yang dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate, Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa, Mangkunegara IX, Sri Susuhanan Pakubuwana XIII, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia, Ketua dan Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia serta Direktur Utama LPP TVRI dan RRI.

Menkominfo dalam sambutannya mendorong sosialisasi migrasi siaran televisi dari analog ke digital. Melalui penguatan regulasi dan kepastian hukum bagi para pelaku industri postelsiar, Menkominfo dorong lembaga penyiaran untuk turut mempersiapkan dan melaksanakan transformasi digital Indonesia.

Melalui regulasi tersebut pula, Johnny G. Plate mengajak dunia penyiaran melakukan lompatan baru juga lompatan besar guna mempercepat migrasi siaran ke televisi digital.

Johnny G. Plate menyampaikan, migrasi ke televisi digital akan membuat industri penyiaran lebih efisien. “Kita harus memanfaatkannya untuk kepentingan ekonomi nasional dan industri penyiaran nasional,” terangnya.

Digitalisasi televisi akan mendorong pembebasan frekuensi siaran analog, yang kemudian dapat menciptakan digital dividend bagi masyarakat Indonesia. Keberadaan digital dividend dinilai dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan teknologi telekomunikasi terbaru dan memperkuat kualitas layanan telekomunikasi di berbagai sektor publik, termasuk untuk peningkatan kualitas jaringan 4G dan pengembangan jaringan 5G, tuturnya.

Joey/Journalist/BD
Editor: Joseph Batubara

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.