(Beritadaerah – Bali) Dalam rangka persiapan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, bertemu dengan sejumlah pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di John Hardy Boutique & Gallery, Kawasan Seminyak, Bali, Selasa (30/3) malam.

Ikut mendampingi Menparekraf bertemu dengan para pelaku usaha yakni Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Fadjar Hutomo; dan Direktur Wisata Alam, Budaya, dan Buatan Kemenparekraf/Baparekraf, Alexander Reyaan.

Dalam pertemuan tersebut, dibahas rencana pemerintah dalam memperluas travel corridor arrangement di sektor pariwisata yang membutuhkan dukungan seluruh pelaku parekraf dalam menyambut kembali kunjungan wisatawan mancanegara.

“Kami menerima banyak sekali masukan dan rencananya ini akan kita gunakan untuk mempersiapkan pembukaan Bali kembali pada bulan Juni dan Juli,” kata Menparekraf dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Rabu (31/3).

Dijelaskan 0leh Menparekraf, hingga saat ini pihaknya masih terus mendiskusikan kemungkinan pembukaan kembali Bali lewat penerapan travel corridor arrangement (TCA) dengan kementerian dan lembaga terkait.

Saat ini Menparekraf tetap melakukan komunikasi dengan Menlu Retno bahwa proses ini akan terus difinalisasi dan hasilnya akan dibawa ke Presiden Jokowi untuk diambil keputusan finalnya. Guna mempersiapkan hal tersebut, Menparekraf sampaikan pemerintah mengambil sejumlah langkah strategis untuk menekan angka penyebaran COVID-19 di Indonesia. Di antaranya adalah penyiapan TCA, penyiapan produk wisata dan zona hijau, penyiapan protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) juga percepatan vaksinasi pelaku wisata dan ekonomi kreatif.

Pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif juga mengapresiasi langkah-langkah yang diambil Kemenparekraf/Baparekraf untuk memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, I Putu Astawa mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh Kemenparekraf/Baparekraf untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di daerahnya.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.