(Beritadaerah-Nasional) Pemerintah terus menaruh perhatian dalam pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas. Kali ini, untuk mempromosikan sport tourism, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi beserta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif turut mendukung kegiatan Hidup Sehat Series #DiIndonesiaAja #BarengCitilink di Mandalika. Kegiatan ini merupakan wujud sport tourism dalam bentuk bersepeda bersama, yang diselenggarakan pada hari Jumat sampai Minggu (26-03-2021 sampai 28-03-2021) di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

“Tahun 2020 merupakan tahun yang berat buat kita semua. Akhirnya kita harus beradaptasi dengan normal baru,” ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam sambutannya secara virtual.

“Kami berharap event ini menebar harapan dan menjadi momentum meningkatkan pariwisata, khususnya di Mandalika. Semoga event ini bisa dilaksanakan berkelanjutan dan menjadi sport tourism yang dilaksanakan setiap tahun,” dia lanjutkan lagi.

Sekretaris Deputi (Sesdep) Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Rustam Efendi yang hadir secara langsung sekaligus turut menjadi peserta kegiatan bersepeda juga mengungkapkan keprihatinannya terhadap menurunnya jumlah wisatawan asing serta pendapatan pariwisata akibat pandemi Covid-19.

“Kita semua mempunyai kewajiban untuk memulihkan pariwisata ini. Karena pengaruhnya besar sekali terhadap multiplier effect kehidupan masyarakat, mulai dari fesyen, kuliner, kriya, media, dan lain-lain,” Sesdep Rustam sampaikan. Dia menjelaskan juga bahwa kegiatan ini tetap dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang baik.

“Tentunya kita juga berharap dalam kesempatan ini tetap menjaga protokol, karena ini juga bagian dari kampanye pariwisata CHSE, yaitu cleanliness, health, safety, dan environmental sustainability,” lanjut Sesdep Rustam.

Sedangkan terkait pengembangan circuit MotoGP Mandalika, Asisten II Setda Provinsi NTB Ridwan Syah ungkapkan bahwa saat ini sudah mencapai kerampungan sebesar 70 persen dan diharap dapat segera beroperasi di bulan Juli.

Selain diselenggarakan kegiatan olahraga, melalui acara ini dibuka juga pameran produk UMKM masyarakat setempat guna mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Produk yang dipamerkan diantaranya ialah kain tenun, perhiasan dan aksesoris mutiara, tas dan dompet anyaman rotan, dan beragam produk lainnya.

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.