(Beritadaerah – Jakarta) Masakan tradisional Indonesia memiliki cita rasa kuat dan kaya dengan bumbu rempah-rempah. Beberapa masakan kuliner khas Indonesia telah mendunia dan disukai oleh masyarakat mancanegara seperti rendang, nasi goreng, sate dan lainnya.

Situs TasteAtlas yang mengulas makanan khas tradisional, resep lokal, dan restoran otentik dari seluruh dunia, melakukan survey menggunakan 63.000 partisipan dan kritikus untuk menentukan 12 sup terenak di Asia.

Tiga masakan khas tradisional Indonesia yang masuk dalam 12 sup terenak Asia 2020 (best rated soups Asia 2020) antara lain, posisi dua belas yakni sayur asem. Sayur dengan bahan-bahan labu siam, kacang panjang, daun melinjo, jagung dan lain-lain. Sesuai namanya, rasanya manis dan asam. Sangat segar dan cocok disajikan dengan lauk kering dan sambal.

Sedangkan posisi ketiga adalah gulai cincang khas Sumatera Barat. Masakan olahan daging sapi dengan bumbu rempah-rempah yang beraneka ragam dan santan kelapa ini, memang menghasilkan rasa yang istimewa. Gulai cincang ini sangat populer di Rumah Makan Padang, Sumatera Barat.

Posisi pertama dan sebagai Best Rated Soups in Asia 2020 yakni Rawon. Rawon adalah masakan khas Jawa Timur berupa sup daging sapi berkuah hitam yang sangat gurih. Warna gelap khas rawon ini berasal campuran bumbu yang menggunakan kluwek. Rawon disajikan dengan taoge, ditaburi bawang goreng dan jeruk nipis peras. Bisa ditambah dengan kerupuk dan sambal.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.