(Beritadaerah – Jakarta) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) menggelar Musyawarah Nasional V 2021 dengan mengusung tema “Penguatan Kapasitas Daerah Dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Di Masa Pandemi COVID-19 Melalui Kolaborasi Pusat, Daerah dan Swasta dengan Dukungan Kebijakan yang Berpihak”.

Pembukaan Munas V Apkasi 2021 diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, pada Jumat, 26 Maret 2021. Munas diselenggarakan secara hybrid yakni di Hotel Indonesia Kempinski dan secara virtual.

Dalam Pembukaan Munas V yang disiarkan kanal YouTube Setpres, Jumat (26/3), Ketua Umum Apkasi, Abdullah Azwar Anas menyampaikan kegiatan munas ini telah didahului dengan sesi Pra-Munas, sejumlah pembahasan dilakukan. Di antaranya upaya percepatan pemulihan ekonomi daerah melalui pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ketua Apkasi juga menyampaikan bahwa para bupati seluruh Indonesia berkomitmen mengoptimalkan APBD sebagai instrumen fiskal untuk membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional yakni dengan lebih banyak menerapkan pendekatan demand site dengan APBD yang menstimulasi konsumsi belanja rumah tangga warga.

Ditambahkan oleh Ketua Apkasi bahwa ditengah tantangan situasi fiskal belanja, para bupati terus berkomitmen untuk melakukan arahan dari presiden.

Presiden Jokowi dalam sambutan Munas V Apkasi 2021, meminta para bupati untuk selalu waspada sebab penanganan pandemi COVID-19 belum berakhir. Presiden meminta agar para bupati waspada, dan tidak lengah adalah satu-satunya jalan untuk terus menekan laju penyebaran COVID-19.

Selain itu juga, Presiden Jokowi meminta para bupati memiliki skala prioritas dalam menggunakan APBD. Menurut Presiden Jokowi, dua prioritas saja cukup untuk skala kabupaten.

Sekilas tentang Apkasi yang merupakan wadah pemerintah kabupaten, dan memiliki anggota sebanyak 416 pemerintah kabupaten di seluruh Indonesia. Apkasi memiliki tugas-tugas penting yang bertujuan meningkatkan peran otonomi daerah di tingkat kabupaten berjalan baik, memiliki semangat kuat dalam membangun daerahnya dan sebagai mitra strategis antara pemerintah pusat dengan pemerintah kabupaten.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.