(Beritadaerah – Bali) Dalam rangka rencana pembukaan penerbangan internasional pada Juni 2021, pelaksanaan vaksinasi bagi pekerja Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali telah dimulai pada hari Senin (22/3). 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Gubernur Bali, I Wayan Koster beserta jajaran dan Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani meninjau langsung proses vaksinasi yang dilaksanakan di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Ngurah Rai sekaligus penerapan protokol kesehatan di dalamnya.

“Vaksinasi ini difokuskan bagi para frontliner bandara dan maskapai penerbangan sejumlah 1.000 orang. Hingga Jumat (26/3) mendatang rencananya akan ada 5.000 orang yang divaksin,” kata Menparekraf dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Senin (22/3). 

Menparekraf Sandiaga mengatakan vaksinasi merupakan upaya mempersiapkan Bali untuk menyambut kedatangan kunjungan masyarakat dan wisatawan mancanegara ketika penerbangan internasional kembali dibuka. Dengan upaya ini, kita harapkan ekonomi Bali dapat kembali bangkit seiring upaya menekan penularan COVID-19.

Ditambahkan oleh Menparekraf, pihaknya sudah membahas rencana pembukaan penerbangan internasional dengan kementerian dan lembaga terkait. Selain itu juga akan dilakukan simulasi terkait dengan pelaksanaannya.

Sebelumnya, pada 16 Maret 2021, Menparekraf Sandiaga mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Bali untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi massal bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

Lokasi peninjauan pertama ada di Puri Saren Agung, Ubud, Gianyar, dimana dilakukan vaksinasi terhadap kurang lebih 680 pelaku industri pariwisata, pimpinan umat beragama, perwakilan budayawan, perwakilan pemuda, dan masyarakat setempat. Sementara di Kota Denpasar, tepatnya di Harris Hotel Sunset Road, vaksinasi diperuntukkan bagi 500 pekerja industri pariwisata di Bali.

Kehadiran Presiden Joko Widodo, dikatakan Menparekraf, memberikan harapan sekaligus menunjukkan keseriusan pemerintah pusat kepada masyarakat yang ada di Bali, khususnya masyarakat pariwisata dan ekonomi kreatif. Pemerintah mendukung penuh kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif Bali melalui peningkatan vaksinasi maupun program-program pemerintah yang akan digalakkan di tahun 2021.

Tak hanya Kabupaten Gianyar dan Kota Denpasar, pelaksanaan vaksinasi massal juga dilakukan serentak di 7 kabupaten dan 1 kota lainnya di Bali, yakni Kabupaten Badung, Bangli, Buleleng, Jembrana, Karangasem, Klungkung, dan Tabanan.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.