(Beritadaerah – Bandung) Dalam upaya pemulihan ekonomi di era pandemi COVID-19, pemerintah terus mendorong masyarakat untuk menggunakan produk UMKM. Event Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang mempromosikan produk UMKM sebulan penuh akan dilaksanakan mulai April 2021 di Jawa Barat. Provinsi Jawa Barat akan menjadi tuan rumah bekerja sama dengan Kementerian Koperasi UKM – Kantor Perwakilan BI Jawa Barat.

Rencananya Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menjadi brand ambassador atau key opinion leader (KOL) Gernas BBI. Masyarakat bersiap untuk bertransaksi digital karena produk UMKM yang dijual sebagian besar dijual secara online, demikian yang disampaikan oleh Ridwan Kamil usai rapat koordinasi persiapan Gernas BBI Jabar bersama Menteri Koperasi UKM, serta Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jabar, Minggu (21/3) di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat.

“Jangan hanya UMKM yang dipaksa untuk on boarding digital, masyarakat juga harus dipaksa untuk melakukan transaksi digital,” kata Ridwan Kamil yang dikutip laman Jabar, Senin (22/3).

Gubernur Jabar sampaikan juga sisi lain, pelaku UMKM harus menerima produknya dikritisi agar dapat berkembang dan berani bersaing dengan produk lain. Saat ini produk yang dihasilkan UMKM sudah berkualitas dan sangat bagus, maka dari itu harus mau dikritisi agar dapat berkembang.

Menurut Gubernur Jabar, untuk menyukseskan program ini Jabar telah berkolaborasi dengan provinsi lain, salah satunya Bali. Ada semangat kolaborasi dan solidaritas yang akan dikerjasamakan Jabar dengan Bali, serta dengan kita belanja produk UMKM adalah wujud dari bela negara.

Gernas BBI akan dilaksanakan secara hybrid, ada yang mengikuti via online dan bisa juga secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan Gernas BBI bertujuan agar masyarakat bangga  membeli dan mengonsumsi produk dalam negeri. Diharapkan partisipasi UMKM Jabar tinggi terhadap event ini.

Teten mengucapkan banyak terimakasih kepada beberapa pihak yang telah mendukung kegiatan Gernas BBI, di antaranya Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat dan kalangan perbankan lain termasuk BJB.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.