(Beritadaerah – Garut) Dalam pengembangan pariwisata Situ Bagendit, Pemerintah Kabupaten Garut akan mengelola dan mengembangkan rumpon di area Situ Bagendit untuk menjadi wisata pengelolaan air yang berbasis perikanan.

“Rumpon ini dijadikan oleh kita bagian dari wisata untuk pengelolaan air yang berbasis dengan perikanan. Saya mohon dukungannya dari petani-petani di sana supaya kooperatif lah yang melakukan seperti itu,” ucap Bupati Garut, Selasa (16/3).

Rudy Gunawan mengatakan akan ada penataan terkait rumpon di Situ Bagendit agar menjadi daya tarik baru yang dimiliki oleh Situ Bagendit.

“Kita juga memberikan penataan baru misalnya nanti kita ada rumpon-rumpon yang dijadikan bagian dari wisata yang juga jadi daya tarik,” katanya.

Pengelolaan rumpon ini berdasarkan hasil dari perikanan di Situ Bagendit yang dinilai sangat bagus karena memiliki ikan-ikan yang berukuran cukup besar.

Rudy juga mengatakan pada 2018 lalu, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah memberikan bantuan ratusan ribu benih ikan yang ditanam di Situ Bagendit.

“Kalau ke sana, itu yang namanya ikan itu ada yang 4kg, kemarin ikan patin gede-gede. Waktu itu kami kan menanam sekitar 500 ribu, adalah ratusan ribu kami mendapatkan dari kementerian itu ditaruh di sana, yang kecil-kecil sekarang udah pada gede banyak ikannya di situ,” tutup Bupati Garut.

Agustinus Purba/Journalist/BD
Editor : Agustinus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.