(Beritadaerah – Cilacap) Program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) Padi yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) telah memberikan hasil yang memuaskan bagi peningkatkan produksi pertanian. PATB adalah program peningkatan produksi padi dengan memanfaatkan lahan baru yang belum pernah ditanami seperti tumpangsari dengan areal perkebunan, kehutanan, lahan rawa, lahan galian eks tambang dan sebagainya. Sebagai contoh salah satu daerah yang telah berhasil melakukan program PATB yakni wilayah Cilacap, Jawa Tengah.

Program PATB yang dilakukan oleh Kementan sesuai dengan harapan dan kedepan berupaya agar produksi pertanian digenjot hingga berlipat-lipat. Apalagi sektor ini memiliki potensi yang sangat besar dalam menumbuhkan ekonomi nasional, demikian yang dikatakan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat melakukan panen perdana PATB di Cilacap.

“Adanya musibah wabah virus COVID-19 ini tidak boleh membuat aktivitas pertanian berhenti. Kementan akan terus optimalkan SDM Pertanian untuk menggenjot produksi dan produktivitas bahkan ekspor,” jelas Menteri Pertanian SYL yang dikutip laman Pertanian, Jumat (11/3).  

Sementara itu Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi, mengatakan, insan pertanian harus bersyukur karena sektor pertanian tetap bisa survive dalam menyediakan pangan bagi masyarakat dalam masa pandemi COVID-19 ini. 

Sebagai salah satu sentra padi yang cukup menonjol, Cilacap turut menyumbang tambahan produksi padi melalui kelompok tani yang tersebar diseluruh Kabupaten Cilacap. Di penghujung Februari dan awal Maret 2021 mulai dilaksanakan panen dari program PATB yang telah diawali tanam padi gogo pada November 2020 lalu. 

Kegiatan panen padi saat ini sudah ramai dilaksanakan termasuk oleh Poktan Sari Reja dan Kelompok Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Giri Mulyo sebagai pelaksana program PATB wilayah binaan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kostratani Sidareja. Para petani di Cilacap bersyukur atas suksesnya panen padi dari program PATB, dan berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan benih, pupuk NPK, POC, pestisida, herbisida, sumur bor dan pompa serta lainnya. 

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.