(Beritadaerah – Jakarta) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menjalankan program Patriot Energi, bekerja sama dengan Inisiatif Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA) yang digawangi oleh Tri Mumpuni.

Patriot Energi adalah sebuah program dari Kementerian ESDM dengan tujuan percepatan elektrifikasi di desa tertinggal, terluar, dan terdepan (3T) di Indonesia dengan menggunakan energi terbarukan yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat.

Program ini juga bertujuan untuk mewujudkan Indonesia terang dan berkeadilan dengan pemanfaatan energi terbarukan. Program Patriot Energi awalnya diluncurkan pada 2015, dan kembali dijalankan pada tahun 2021 ini. Sebagai bentuk kolaborasi, para Patriot Energi akan membantu pengawasan pelaksanaan program ACCESS pada 23 desa yang akan dibangun akses energi bersih. Proyek ACCESS yang akan membangun 23 unit PLTS, saat ini masih dalam proses pengadaan, dan ditargetkan selesai pembangunannya pertengahan tahun depan.

Sekitar 100 pemuda-pemudi terpilih dari seluruh Indonesia akan diseleksi untuk bergabung dalam program pembangunan dan pemberdayaan di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal). Para patriot energi akan ditugaskan ke desa-desa di Kalimantan dan Papua, dengan tujuan sebagai fasilitator lapangan mendukung tersedianya peta sumber daya alam dan peta potensi sumber daya lokal, sebagai dasar penyusunan program pembangunan yang berkelanjutan, termasuk fasilitas listrik desa berbasis energi terbarukan, demi meningkatkan kesejahteraan desa.

Dikutip laman ESDM, Senin (8/3), nantinya Patriot Energi akan menjadi katalisator inisiasi komunitas masyarakat lokal yang aktif sebagai wadah menciptakan kegiatan-kegiatan ekonomi yang mendukung pemanfaatan energi terbarukan, dan mendukung usaha-usaha produktif masyarakat.

Proses seleksi program Patriot Energi ini akan dilaksanakan April hingga Mei 2021, mencari pemuda-pemudi sarjana/diploma jurusan Teknik untuk dilatih selama 2 bulan (Juni-Juli 2021). Selanjutnya, ditugaskan selama 12 bulan melakukan pemetaan potensi energi terbarukan di desa penempatan. Para patriot akan dibekali dengan survival training, latihan pengenalan dan pemulihan diri (mindfulness), technical skill, community-based development serta latihan live in and Implementation.

Tujuan penempatan Patriot Energi di desa-desa tersebut adalah untuk mengidentifikasi masalah, membantu masyarakat, dan melihat, serta memfasilitasi proyek Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE), agar proyek tersebut benar-benar tepat sasaran. Mereka nantinya akan menjadi menjadi supervisor proyek-proyek pembangkit listrik yang berasal dari energi terbarukan di daerah-daerah terpencil.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.