(Beritadaerah – Sumatera Utara) Kabut asap atau abu vulkanik masih melanda Kabupaten Pidie Rabu (3/3/2021). Ķabut tersebut diduga berasal dari sebaran abu vulkanik akibat erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Provinsi Sumatera Utara.

Seperti kita ketahui bersama, erupsi Gunung Sinabung terjadi pada hari Selasa (2/3/2021) lalu. Awan panas meluncur sejauh 5 km dari puncak Gunung Sinabung ke arah Tenggara-Timur. Saat ini, kabut asap masih tampak menyelimuti Kabupaten Pidie, akan tetapi tidak sampai mengganggu aktivitas warga.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie, Aceh, Dewan Ansari, mengatakan bahwa kabut asap yang melanda Pidie akibat sebaran abu vulkanik imbas erupsi Gunung Sinabung.

Di Pidie tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). “Kita telah melakukan pemantauan di Pidie, bahwa tidak adanya kebakaran hutan,”ujarnya.

Ia juga mengimbau, kepada warga supaya tidak membakar hutan untuk tujuan membuka lahan pertanian dan perkebunan.”Jangan membakar sampah di areal hutan, sehingga akan menyebabkan kebakaran hutan,” tambahnya.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: Pemkab Pidie

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.