(Beritadaerah – Jakarta) Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim melakukan pertemuan guna membahas pengembangan infrastruktur penunjang sektor pariwisata, dan upaya pelestarian cagar budaya hingga peningkatan kualitas SDM di destinasi pariwisata. Pertemuan tersebut berlangsung di Jakarta pada hari Rabu (3/3).

Kemendikbud dan Kementerian BUMN siap mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif terutama di kawasan destinasi prioritas, demikian yang disampaikan Menparekraf usai melakukan pertemuan dengan Menteri BUMN dan Mendikbud.

“Pertama kita sudah sepakat untuk mengedepankan pariwisata berbasis kelestarian cagar budaya di Kawasan Borobudur, nanti akan dipimpin zona berikutnya oleh Mas Nadiem dan Mas Erick akan mensupport dengan kegiatan yang berdampak pada ekonomi rakyat dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya di sektor parekraf, serta mendorong dangdut menjadi UNESCO Heritage,” kata Menparekraf dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Kamis (4/3).

Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan dari sisi infrastruktur penunjang di sektor pariwisata, telah dilakukan diskusi dengan Menteri BUMN untuk pembangunan infrastruktur wisata bahari. Pembangunan ini dilakukan agar setiap daerah yang memiliki destinasi wisata bahari dapat terkoneksi. Dalam pertemuan tersebut juga dibahas bagaimana mengangkat dua lokasi lainnya seperti Raja Ampat dan Labuan Bajo untuk bisa memberikan dampak kepada masyarakat secara luas untuk membangkitkan ekonomi pascapandemi.

Pada kesempatan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir juga menjelaskan Kementerian/Lembaga harus berkolaborasi dan bekerja sama membangkitkan perekonomian Indonesia, salah satunya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Sementara itu, Mendikbud Nadiem Makarim menyatakan siap membantu pengembangan kelesatarian cagar budaya agar destinasi wisata bisa semakin dikenal wisatawan mancanegara dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Mendikbud Nadiem juga berupaya untuk mendukung kemampuan SDM dan peningkatan fasilitas sekolah-sekolah di destinasi super prioritas. Lantaran SDM pariwisata yang berkuliatas dapat mendukung sektor pariwsata dan ekonomi kreatif.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.