(Beritadaerah – Komoditi) Kawasan Food Estate Humbang Hasundutan, Sumatera Utara sudah akan memasuki masa panen. Kementerian Pertanian memprediksi panen bawang merah dan kentang dimulai bulan Maret 2021, sedangkan bawang putih diperkirakan mulai dipanen di akhir April 2021.

Kawasan budidaya hortikultura seluas 215 hektare di Desa Ria Ria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan tersebut akan dilakukan panen secara selektif sesuai umur tanamnya.

Mentan Syahrul Yasin Limpo menginstruksikan kepada jajaran Ditjen Hortikultura untuk melakukan koordinasi dengan pelaku usaha agar hasil panen petani bisa langsung diserap saat panen.

Beberapa perusahaan nasional seperti PT. Indofood, PT. Wings Food dan para pelaku usaha bawang merah lainnya, digadang menjadi mitra penyerapan hasil panen di kawasan pertanian yang baru saja dibuka tersebut.

Kementan telah membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) Food Estate yang diketuai Marnala Lumban Batu. Lembaga tersebut menjadi wadah pengorganisasian petani dan manajemen pengelolaan Food Estate berbasis hortikultura.  “Kedepannya KUB ini diharapkan menjadi wadah kelembagaan korporasi yang menghimpun seluruh petani di kawasan food estate sekaligus mengelola keberlanjutan food estate dengan manajemen yang profesional,” tutur Marnala.

Saat rapat evaluasi dan koordinasi bersama Bupati Humbahas  Dosmar Banjarnahor dan Petani Food Estate 215 di Balai Desa Ria Ria (28/2) menyebut bahwa pencapaian hasil food estate   sampai saat ini secara umum terbilang luar biasa. “Meskipun diperkirakan hasilnya belum maksimal karena lahan bukaan baru, namun di Musim Tanam II nanti saya yakin akan jauh lebih baik,” ujarnya.

Dosmar Banjarnahor juga mengharapkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk tidak saling menyalahkan, namun bersama-sama berupaya agar food estate kedepan semakin baik.

Untuk menjamin keberhasilan pada musim tanam selanjutnya, pemerintah daerah setempat akan melakukan seleksi lebih ketat kepada petani yang akan diikutkan dalam program Food Estate.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: Kementan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.