(Beritadaerah – Nasional) Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melantik Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakoso sebagai Walikota dan Wakil Walikota Surakarta Periode 2021-2026 secara online di Gedung Graha Paripurna DPRD Surakarta, Jumat (26/2). Gubernur atas nama Mendagri mengambil sumpah Gibran dan Teguh bersama dengan 17 kota/kabupaten yang juga mengikuti pelantikan secara virtual.

Acara pelantikan diselenggarakan sangat terbatas dengan dihadiri Plh. Walikota, Walikota dan Wakil Walikota periode 2016-2021 beserta istri, Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Pimpinan DPRD Kota Surakarta, Ketua KPU, Pimpinan Bawaslu, Pimpinan Perangkat Daerah Kota Surakarta, dan keluarga dari pasangan Walikota dan Wakil Walikota yang dilantik.

Dalam sambutannya setelah acara pelantikan, Ganjar Pranowo memberikan pesan kepada kepala daerah terpilih agar bekerja ekstra di masa wabah global ini, “Di tengah kondisi dunia yang penuh dengan ketidakpastian, di tengah pandemi Covid-19, saya percaya bapak-ibu dapat menyelesaikan berbagai masalah. Tuan kita adalah rakyat, jabatan hanya mandat. Kita bisa memanfaatkan penggunaan teknologi informasi, harus quick response agar persoalan masyarakat dapat terselesaikan cepat, dengan begitu inovasi terus berjalan,” Gubernur Jateng sampaikan.

Gibran Rakabuming dalam sambutannya di Rapat Paripurna sampaikan di awal masa kepemimpinan, Kota Surakarta akan mempercepat vaksinasi ke seluruh elemen masyarakat. “Prioritas kerja di awal kepemimpinan kami, adalah program percepatan vaksinasi bagi masyarakat Kota Surakarta, terutama para pedagang di pasar. Fokus utama adalah vaksinasi di Pasar Gede dan Pasar Klewer karena kedua pasar tersebut merupakan pusat perekonomian di Kota Surakarta, ekonomi akan kuat jika warganya sehat. Begitu juga penguatan UMKM, co-working space, creative hub, dengan memanfaatkan Big Data, akan mempercepat kemajuan Solo,” dia sampaikan.

Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakoso terpilih menjadi Walikota dan Wakil Walikota Surakarta setelah memenangkan Pilkada dari lawannya pasangan Bagyo Wahyono-FX. Supardjo dengan memperoleh 225.451 atau 86,53% suara. Acara pelantikan kepala daerah se-Jawa Tengah berakhir pada pukul 10.30 WIB. Protokol kesehatan tampak berjalan ketat selama berlangsungnya acara.

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.