(Beritadaerah – Komoditi) Buah durian (Durio sp.) adalah salah satu genus tanaman buah tropika asli Indonesia yang telah berkembang menjadi komoditas yang sangat populer di negara-negara ASEAN.

Buah berduri tajam ini juga punya nilai ekonomi yang tinggi karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Nilai gizi durian pada umumnya di atas rata-rata buah lain, dan satu lagi kelebihan buah ini adalah mengandung antioksidan tinggi terutama polyfenol yang bermanfaat bagi Kesehatan manusia.

Pemprov Riau sebagai penghasil komoditas durian, tengah menyusun rencana untuk menjadikan Pekanbaru sebagai sentra produksi durian. Ide tersebut langsung disambut baik Pemkot Pekanbaru.

Menurut Walikota Pekanbaru Firdaus, Selasa (23/2), durian di Pekanbaru tidak habis persediaannya  selama 12 bulan. Durian-durian ini datang dari berbagai daerah di Riau.

“Pasokan durian dari Kampar lebih banyak di Pekanbaru. Tak hanya Kampar, durian dari seluruh pulau Sumatera juga datang ke Pekanbaru. Sehingga, durian di Pekanbaru tak habis sepanjang tahun,” ujarnya.

Secara keseluruhan luas kebun durian mencapai 30 hektare di Pekanbaru. Durian yang buahnya berkualitas paling bagus terdapat di Kecamatan Rumbai Barat dan Rumbai Timur.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.