(Beritadaerah – Jakarta) Berbagai terobosan dipersiapkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan pengembangan perikanan budidaya. Pengembangan budidaya perikanan lokal dengan menggunakan skema adalah program yang paling diunggulkan. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono saat rapat koordinasi yang dipimpin oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

“Kita sudah mengidentifikasi di beberapa wilayah yang memiliki keunggulan. Contohnya itu adalah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Itu ikan gabus,” kata Menteri Sakti Wahyu Trenggono yang dikutip laman KKP, Sabtu (20/2).

Menteri Trenggono menjelaskan pengembangan perikanan budidaya tidak hanya untuk menyokong pertumbuhan ekonomi masyarakat, tapi juga untuk menjaga komoditas perikanan lokal dari kepunahan. Sebagai contoh, ikan Belida yang terkenal di Sumatera Selatan, saat ini populasinya terus berkurang.

Selain budidaya berbasis masyarakat, KKP juga akan menggalakkan industri budidaya untuk komoditas yang disukai pasar dunia, seperti udang dan lobster. Sasarannya tentu tidak hanya untuk ekspor, tapi juga menghidupkan usaha turunan yang terkait dengan komoditas tersebut, seperti usaha pakan, kuliner, hingga usaha pengolahan produk perikanan.

Untuk mendukung masyarakat terjun ke sektor perikanan budidaya, KKP menyiapkan bantuan pinjaman modal melalui BLU-LPMUKP. Selain itu, ada juga program KUR (Kredit Usaha Rakyat) melalui perbankan. Menteri Trenggono berharap bantuan pinjaman modal ini mendorong keinginan masyarakat menjadi pembudidaya. Dalam rapat tersebut Menteri Trenggono juga menyampaikan capaian KKP dalam membantu usaha masyarakat sektor kelautan dan perikanan.

Sementara itu, Menteri Suharso Monoarfa berharap perencanaan pembangunan di 2022 dapat semakin terintegrasi antar kementerian/lembaga sekaligus pusat dan daerah. Selain itu pemerintah perlu menyusun RKP yang memuat arah kebijakan nasional secara tahunan. RKP 2022 digunakan sebagai acuan dalam penyusunan Renja K/L 2022 dan sebagai acuan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022, serta sebagai masukan penting BUMN dalam menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan 2022.

Menteri Suharso menekankan pentingnya sinergi rencana pembangunan antara kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dengan RKP 2022. Tidak hanya itu, dalam RKP 2022 juga diharapkan tidak hanya menampilkan pendanaan yang tidak hanya bersumber dari APBN, tetapi dari sumber lainnya seperti BUMN dan swasta.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

2 Responses

  1. cheap jordans online

    Contact Us,One by one, horses strut into the stadium for
    the second race of the day. Each is a sleek machine shining under the sweltering midday sun. Their sinewy legs sway under muscular torsos rippling with veins like river deltas.

    cheap jordans online
    cheap jordans from china
    cheap jordans china

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.