(Beritadaerah – Jakarta) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi akan menggelar event Banyuwangi Festival 2021. Event ini masuk dalam kalender wisata yang sudah memasuki tahun ke-10, dengan menghadirkan 102 event dari berbagai macam atraksi. Pelaksanaan festival tersebut mengusung konsep colorful hybrid yang memadukan antara luring dan daring. Hal ini dilakukan agar kreativitas masyarakat Banyuwangi tetap berjalan, meskipun di tengah pandemi.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung penyelenggaraan Banyuwangi Festival 2021, sebagai salah satu upaya untuk menggeliatkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, demikian yang disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam acara Launching Banyuwangi Festival 2021, secara hybrid di Jakarta, Rabu (17/2). 

“Saya sangat bersemangat mendukung Banyuwangi Festival 2021, sebagai daya tarik pariwisata daerah untuk kembali membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif. Banyuwangi dengan kalender kegiatannya, telah dinobatkan sebagai kota festival terbaik dan menjadi rujukan destinasi pariwisata Indonesia,” ujar Menparekraf dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Kamis (18/2). 

Menparekraf mengatakan penyelenggaraan event tersebut memberikan dampak yang positif bagi perekonomian masyarakat Banyuwangi. Hal tersebut di dukung dari data tahun 2019 yang menunjukkan bahwa PAD naik Rp 29 miliar, angka kemiskinan menurun 7,52 persen, PDRB naik 157,5 persen, dan pendapatan perkapita naik 149 persen.

Masyarakat Banyuwangi tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin untuk menekan penularan COVID-19. Dengan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan selalu rajin mencuci tangan. Selain itu juga 3T yakni testing, tracing, dan treatment, demikian himbauan Menparekraf.

Sementara, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, menuturkan tahun 2021 menjadi harapan baru bagi bangkitnya Banyuwangi Festival. Dengan menggunakan teknologi baru yang telah disesuaikan dengan era now normal dan disiarkan secara berbeda dengan view 360 derajat, akan memberikan pengalaman dan sensasi baru bagi para peserta. Dengan teknologi ini masyarakat juga bisa belanja produk-produk UMKM dari rumah dan transaksi tetap dapat dilakukan secara online.

Kondisi pandemi ini tidak menyurutkan Pemkab Banyuwangi untuk mengelar event ini. Festival Banyuwangi atau bisa disingkat dengan B-Fest adalah acara tahunan yang diselenggarakan Pemkab Kabupaten Banyuwangi dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Banyuwangi yang jatuh pada setiap tanggal 18 Desember.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

2 Responses

  1. drug use

    Heya i’m for the first time here. I came across this
    board and I find It truly useful & it helped me out a lot. I
    hope to give something back and aid others like you aided me.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.