(Beritadaerah – Nasional) Dalam UU No.7 tahun 2014 tentang Perdagangan, disebutkan pasar adalah lembaga ekonomi tempat bertemunya pembeli dan penjual, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk melakukan transaksi perdagangan. Ada tiga sarana perdagangan yang menjadi fokus penataan dari pemerintah, salah satunya adalah pasar rakyat.

Sebelumnya pasar rakyat disebut sebagai pasar tradisional, dan memiliki peran yang sangat penting sebagai penggerak ekonomi di suatu daerah. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020, jumlah pasar rakyat di Indonesia mencapai 16.235 pasar. Jumlah tersebut tersebar di 34 provinsi.

Berikut ini adalah 7 provinsi yang memiliki pasar rakyat terbanyak, yang pertama adalah Provinsi Jawa Timur dengan jumlah 2.359 pasar, dan diperingkat kedua adalah Provinsi Jawa Tengah dengan jumlah 1.977 pasar.

Selanjutnya diperingkat ketiga adalah Provinsi Sumatera Utara dengan jumlah 858 pasar dan peringkat keempat adalah Provinsi Sumatera Selatan dengan jumlah 845 pasar, serta peringkat kelima adalah Provinsi Jawa Barat dengan jumlah 816 pasar.

Diperingkat keenam ada Provinsi Sulawesi Selatan dengan jumlah 808 pasar dan peringkat ketujuh adalah Provinsi Riau dengan jumlah 709 pasar.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.