(Beritadaerah-Nasional) Sirkuit Mandalika yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia, masuk dalam rencana Dorna Sports sebagai salah satu tempat menyelenggarakan MotoGP 2021. Saat ini trek baru tersebut berstatus reserve (cadangan). Selain menjadi tempat diselenggarakan MotoGP, Sirkuit Mandalika pun berpeluang menjadi salah satu host World Superbike (WSBK) pada 12 sampai 14 November 2021. Sirkuit Mandalika sudah resmi masuk kalender sementara ajang balap World Super Bike ( WorldSBK) untuk musim 2021.

Beberapa waktu lalu Dorna Sports memberikan tenggang waktu bahwa Mandalika harus rampung pada Juni 2021, sehingga bisa dilakukan homologasi pada Juli dan akan digunakan untuk balapan sekitar Oktober atau November akhir musim. Sisa waktu pengerjaan tinggal empat bulan lagi.

Namun memang ada syarat yang harus dipenuhi. Untuk bisa menggelar balapan, selain merampungkan pembangunannya, Sirkuit Mandalika harus lebih dulu lolos homologasi. Homologasi merupakan proses penilaian semua aspek balap terhadap standar yang telah ditentukan guna mendapatkan lisensi atau izin. Sertifikasi ini merupakan syarat penting yang dibutuhkan untuk menggelar balapan.

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta mengakui upaya besar dari banyak pemangku kepentingan dalam proyek ini. Mereka menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Kementeriannya atas komitmen mereka dalam membawa event motorsport internasional (MotoGP) ke Indonesia pada tahun 2021.

Tidak ketinggalan, Ezpeleta juga memuji Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku penyelenggara MotoGP Indonesia yang menurutnya bekerja profesional. Ezpeleta juga mengapresiasi upaya besar yang telah dilakukan tim MGPA dan akan terus mendukung dengan cara apa pun untuk tahun-tahun mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.