(Beritadaerah – Jakarta) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melakukan pertemuan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono di Kantor KKP, Senin (15/2), guna membahas pengembangan wisata bahari Indonesia dalam rangka membantu pemulihan ekonomi di sektor pariwisata. Sektor pariwisata merupakan sektor yang paling terdampak dari pandemi COVID-19, untuk itu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendukung penuh langkah pengembangan wisata bahari.

Menteri Sakti Wahyu Trenggono optimistis wisata bahari menjadi pilihan utama masyarakat sebab lokasi yang ditawarkan berada di area terbuka. Sehingga aman bagi pelancong yang berwisata di masa pandemi seperti sekarang.

“Kalau kita berharap pada destinasi wisata seperti zaman normal rasanya berat. Harus ada sesuatu yang menarik. Logikanya kalau orang berwisata di laut jauh lebih sehat. Image ini harus dibangun dulu,” kata Menteri Sakti Wahyu Trenggono yang dikutip laman KKP, Selasa (16/2).

Dijelaskan oleh Menteri Sakti Wahyu Trenggono bahwa KKP memiliki pesisir dan ruang laut dari Sabang hingga Merauke yang bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata bahari. Kemudian ada juga kapal-kapal tidak terpakai yang dapat dimanfaatkan menjadi restoran terapung sebagai destinasi wisata kuliner.

Pengemasan destinasi wisata ini, lanjutnya, harus didukung oleh protokol kesehatan yang ketat. Selain itu juga harus memerhatikan kelestarian lingkungan supaya hasilnya tidak hanya pertumbuhan ekonomi masyarakat tapi juga terjaminnya keberlanjutan ekosistem pesisir dan laut.

Hal lain yang tak kalah menarik adalah pemanfaatan hutan mangrove sebagai destinasi wisata pesisir. Dalam pengembangan wisata bahari mangrove ini, dapat pula menggandeng Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sehingga area yang dimanfaatkan bisa lebih luas.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga mengaku akan menyiapkan skema untuk menghidupkan lokasi-lokasi wisata bahari di Indonesia. Dia yakin, dengan adanya dukungan dari KKP, sektor pariwisata ini bisa menggeliat.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki sejumlah lokasi wisata bahari yang menarik dan diakui keindahaannya oleh wisatawan mancanegara. Beberapa lokasi yang menjadi destinasi favorit wisata bahari dan menarik untuk dikunjungi yakni Raja Ampat – Papua Barat, Nusa Lembongan – Bali, Wakatobi – Sulawesi Tenggara dan lainnya.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.